RICKY/RADAR DEPOK JEMPUT BOLA : Anggota KPPS TPS 19 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas menjemput bola mendatangi warga yang sakit untuk menggunakan hak suaranya pada Pilgub Jabar 2018.
RICKY/RADAR DEPOK
JEMPUT BOLA : Anggota KPPS TPS 19 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas menjemput bola mendatangi warga yang sakit untuk menggunakan hak suaranya pada Pilgub Jabar 2018.

Selain melayani masyarakat yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 19 Kelurahan Pancoranmas juga menjemput bola, bagi warga yang tengah sakit dan ingin menggunakan hak suaranya dari rumah.

 Laporan : Ricky Juliansyah

 Tingkat partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah pesta demokrasi di tiap tingkatan, baik dari level kota/kabupaten, provinsi hingga negara. Sehingga, sosialisasi pun digencarkan guna masyarakat peduli terhadap hak politik mereka.

Panitia penyelenggara juga harus kerja ekstra guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Seperti yang dilakukan KPPS di TPS 019 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas yang menjembut bola untuk mendatangi warga yang sakit dan tidak bisa hadir ke TPS saat hari pencoblosan.

“Kami melakukan jemput bola, kepada warga yang terdata di DPT pada TPS 019 Kelurahan Pancoranmas, seperti yang sakit dan tidak bisa hadir ke TPS tetapi mau menggunakan hak suarannya. Saat melakukan itu pun ada saksi,” tutur Anggota KPPS TPS 019 Kelurahan Pancoranmas, Syaifullah.

Diketahui, KPPS yang diketuai Wibisono dengan anggota Sapto Aris, Saputro, Syaeful Apandi, Priyono, Sutarman, Syaifullah dan Jaya Sukma diberikan mandat untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS 019 Kelurahan Pancoranmas.

Selain itu, pihaknya juga memberikan himbauan kepada warga yang telah memiliki hak pilih tetapi belum juga datang ke TPS selama waktu pemungutan suara menggunakan pengeras suara dari Musala Al Ikhlas yang terdapat dari di dekat TPS tersebut.

“Saat waktu pemungutan suara, kami pun tidak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan pengeras suara dari musala,” terang Syaifullah.

Sedangkan jumlah DPT di TPS 019 yang beralamat di Jalan Raya Cagar Alam Selatan, Gang Balongsari II RT02/05 Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas ini mencapai 271 orang, dimana 145 orang pria dan 126 wanita.

“Hasil akhir, di TPS 019, Paslon nomor urut 1 dapat 55 suara, nomor urut 2 dapat 36 suara, nomor urut 3 dapat 67 suara, nomor urut 4 dapat 57 suara. Sedangkan, jumlah keseluruhan 215 suara sah, tidak sah tujuh suara,, surat suara terpakai 222, tidak terpakai 58 surat suara, totalnya 280 surat suara, itu sudah berikut 2,5 persen penambahan suara sebanyak 9 surat suara,” ucap Syaifullah. (*)