IMMAWAN/RADAR DEPOK PEDULI: Ketua MPD Joko Warinyo memberi sambutan pada kegiatan buka puasa bersama di kawasan Sukmajaya, Minggu (10/6).
IMMAWAN/RADAR DEPOK
PEDULI: Ketua MPD Joko Warinyo memberi sambutan pada kegiatan buka puasa bersama di kawasan Sukmajaya, Minggu (10/6).

DEPOK – Mitra Pers Depok (MPD) mengundang awak media untuk buka puasa bersama di Restoran Pondok Ikan Gurame, Jalan Raya Ksu Pemancar RRI No. 2, Kelurahan Tirtajaya, Minggu (10/6).

Kegiatan bertajuk MPD Peduli itu, mengusung tema “Dengan Buka Puasa Bersama Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Menuju Insan Pers Religius”.

Ketua MPD, Joko Warinyo menuturkan, tema tersebut memiliki makna yang cukup mendalam. Yakni, diharapkan, kegiatan tersebut mampu menggerakkan setiap unsur media untuk merapatkan barisan dalam menangkal gempuran hoaks berlandaskan nilai-nilai keIslaman.

“Memanfaatkan momentum Bulan Ramadan 149 Hijriah, ini saat yang tepat untuk memulai gerakan,” kata Joko Kepada Radar Depok.

Menurut Joko, Agama Islam melihat hoaks sebagai salah satu perbuatan orang munafik. Sehingga harus diberantas, karena memiliki banyak dampak negatif.

Keterangan serupa juga di sampaikan oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna. Pradi mengaku prihatin atas gencarnya peredaran hoaks di tahun politik ini.

“Dengan memainkan isu-isu primordial, hoaks berpotensi besar memecah persatuan bangsa,” kata Pradi.

Pradi menegaskan, sudah waktunya awak media berpartisipasi dalam menghadapi fenomena ini.

“Pers sebagai pengendali arus informasi, memegang peranan besar untuk memperparah atau minimal mengurangi peredaran informasi palsu tersebut,” katanya.

Karena itu, pada kesempatan tersebut, Ia mengajak perwakilan pers yang hadir untuk berkerjasama dengan Pemkot Depok melakukan langkah kongkret untuk melawan hoaks.(mg2)