Beranda Metropolis Pekerja PT SPI Belum Digaji-THR

Pekerja PT SPI Belum Digaji-THR

0

DEPOK – Mungkin ini baru satu perusahaan yang diketahui belum membayarkan Tujangan Hari Raya (THR). Kemarin, PT Sima Prima Indonesia (SPI) di Jalan Raya Cinangka Kelurahan Kedaung, Bojongsari hingga hari gini belum juga memberikan gaji dan THR.

Berdasarkan penuturan ML, saudaranya sudah bekerja banting tulang tapi sampai sekarang belum juga menerima gaji dan THR. Padahal, kerja di PT SPI sudah siang malam. “Tolong ditindak kepada dinas terkait karena ini sudah tidak wajar,” singkatnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menimpali hal ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Depok, Diah Sadiah mengaku, lagi lakukan pembinaan dan berusaha memfasilitasi serta mediasi supaya segera dibayat THR. “Kami masih lakukan mediasi,” kata Diah kepada Harian Radar Depok, Senin (24/6).

Terkait jumlah perusahaan di Depok yang tidak membayarkan THR, Diah enggan menyebutkan jumlah perusahan. Namun, dia menegaskan lagi, pihaknya akan mengupayakan karyawan yang belum diberikan THR mendapatkan haknya sesuai aturan yang ada.

Sebab, jelas Diah, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR). H-7 merupakan batas akhir pencairan THR, sebelum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. “H-7 lebaran itu paling lambat dicairkan,” ujar dia sebelumnya.

Dalam hal THR kata dia, Disnaker membuka posko lengajuan yang berada di Gedung Baleka II lantai 8. Menurutnya, pencairan dana THR bila merujuk Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan. Bila masa kerja pegawai sudah lebih dari setahun, harus mendapat THR satu bulan gaji. “Sementara THR bagi yang masa kerja kurang dari 12 bulan, perhitungannya masa kerja 12 kali upah,” katanya.

Terpisah, Anggota Komisi D DPRD Depok, Rudi Kurniawan menegaskan, jangan ada pihak perusahan yang telat membayarkan THR kepada karyawannya.

Sebab, menurut dia, THR itu sangat dibutuhkan bagi karyawan untuk merayakan hari raya. “Disnaker jangan beri ruang bagi perusahaan yang membandel. Idul Fitri sudah lewat tapi gaji dan THR belum juga. Jelas ini pelanggaran,” tegasnya.(irw)