Beranda Satelit Depok Pengamanan Kecamatan Diperketat, Logistik Pilgub di Depok Mulai Dikirim

Pengamanan Kecamatan Diperketat, Logistik Pilgub di Depok Mulai Dikirim

0
Pengamanan Kecamatan Diperketat, Logistik Pilgub di Depok Mulai Dikirim
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK PERSIAPAN: Kotak suara untuk Pilgub Jabar mulai didistribusikan di Kecamatan Cimanggis.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
PERSIAPAN: Kotak suara untuk Pilgub Jabar mulai didistribusikan di Kecamatan Cimanggis.

DEPOK – Kantor Kecamatan Cimanggis diserbu belasan lelaki yang menggunakan tiga unit truk bermuatan penuh. Tapi kedatangan mereka bukan untuk membuat keonaran. Melainkan sedang mengantar alat kelengkapan pesta demokrasi terbesar se-Jawa Barat (Jabar) yaitu kotak suara untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar yang akan dilaksanakan kurang dari seminggu lagi.

Ketua Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Cimanggis, Yumi Nurhayati Laela mengatakan, tiga unit truk bermuatan ratusan kota suara sudah tiba di Kecamatan Cimanggis, Kamis (21/6). Setelah dihitung, total ada 456 surat suara yang sudah disimpan di aula kecamatan.

“Untuk Kecamatan Cimanggis dibutuhkan sebanyak 461 kota suara, namun masih kurang lima unit lagi. Mungkin petugas pengiriman ada kesalahan penghitungan jadi kami akan mengambil sendiri sisah lima unit kotak suaranya,” ujar perempuan yang akrab disapa Ela.

Selain kotak suara, sebelumnya Kecamatan Cimanggis juga sudah menerima 992 unit bilik suara dan masih akan menanti alat kelengkapan pilgub lainya seperti bantalan, paku untuk pencoblosan, tinta, serta nametag KPPS, kertas surat suara dan lainnya.

“Setiap TPS di Kecamatan Cimanggis akan diberikan satu buah kotak suara dan dua bilik suara. Untuk perlengkapan lainya kecuali kertas surat suara akan dikirim lagi besok,” sambungnya.

Di tempat yang sama, petugas logistik PPK Kecamatan Cimanggis, Martejo mengatakan, untuk surat suara akan didistribusikan oleh KPU Kota Depok ke setiap PPK di Kota Depok paling lambat tanggal 24 Juni dan tanggal 27 ke KPPS.

“Kecamatan Cimanggis memegang rekor TPS terbanyak di Kota Depok dengan jumlah pemilih untuk Pilgub Jabar 2018 sebanyak 150.806 jiwa.

Oleh karena itu, penjagaan di aula kecamatan sudah mulai diperketat, bahkan dalam waktu dekat akan ada bantuan pengamanan dari pihak kepolisian,” ujar Martejo.

Sementara itu, angota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Cimanggis, Materido menyatakan, selama persiapan hingga menjelang Pilgub Jabar, dirinya kerap menemui adanya pelanggaran kecil di Kecamatan Cimanggis, terutama yang berkaitan dengan alat peraga kampanye (APK).

“Biasanya banyak APK yang dipasang di luar zona yang telah ditentukan oleh KPU oleh tim sukses paslon (pasangan calon), serta dari sisi penyelenggara biasanya ada selisih jadwal contohnya tahapan yang sudah ada bergesr dari tahapan yang ditetapkan oleh Undang  – Undang KPU,” ungkap Metrido.

Dia mengatakan, pelanggaran tersebut merupakan cukup ringan dan masih bisa diberikan peringatan dan tak menghambat jalanya pilgub. “Semoga pilgub minggu depan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala,” harapnya. (dra)