DICKY/RADARDEPOK PELAYANAN: Sejumlah warga tengah meminta pelayanan di kantor Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
PELAYANAN: Sejumlah warga tengah meminta pelayanan di kantor Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK Memasuki tahun ajaran baru sekolah, sejumlah warga tampak memenuhi kantor pelayanan Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari. Keberadaan sejumlah warga untuk meminta pelayanan pengantar Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) lampiran persyaratan pendaftaran sekolah, kemarin.

Lurah Serua, Dede Hidayat mengatakan, pelayanan administrasi Kelurahan Serua mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat meminta pelayanan pembuatan SKTM, sebagai salah satu persyaratan masuk sekolah atau pendaftaran siswa baru.

“Hingga siang (kemarin, red) sudah ada puluhan warga yang meminta pelayanan SKTM,” ujar Dede kepada Radar Depok, kemarin.

Dede mengungkapkan, pembuatan SKTM umumnya digunakan untuk pendaftaran sekolah maupun meminta pelayanan kelurahan. Untuk meminta pelayanan tersebut, Pemkot Depok telah melayangkan surat edaran untuk dipahami warga tentang mekanisme pembuatan pengantar SKTM dari kelurahan.

Dede menjelaskan, untuk membuat SKTM warga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti keterangan siswa tidak mampu dari sekolah asal, pengantar ketua RT dan RW, surat tanggung jawab mutlak bermaterai Rp6 ribu, dan foto copy kartu keluarga. Hal itu mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No14 Tahun 2018, dan Keputusan Gubernur Jawa Barat No4221/8904-Set.Disdik.

“Jadi warga yang ingin meminta pelayanan SKTM dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” tutup Dede. (dic)