Beranda Pendidikan Pramuka Bantu Atur Lalu Lintas Depok

Pramuka Bantu Atur Lalu Lintas Depok

0
Pramuka Bantu Atur Lalu Lintas Depok
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK IKUT MEMBANTU: Sejumlah pelajar yang tergabung dalam pramuka saat bertugas membantu kelancaran arus lalu lintas di kawasan Jalan Raya Bogor, Kecamatan Sukmajaya, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
IKUT MEMBANTU: Sejumlah pelajar yang tergabung dalam pramuka saat bertugas membantu kelancaran arus lalu lintas di kawasan Jalan Raya Bogor, Kecamatan Sukmajaya, kemarin.

DEPOK – Sejumlah anggota Pramuka Saka Bhayangkara terjun ke jalan mengatur langsung lalu lintas di beberapa titik macet di Kota Depok. Salah satunya Pos Pemantau di Terminal Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Pantauan Radar Depok, sekitar pukul 14.00 kemarin (20/6), sebanyak 10 anak pramuka tengah mengatur lalu lintas di tengah padatnya kendaraan bermotor yang lalu lintas di sepanjang jalan depan terminal.

Salah satu anggota pramuka yang juga sekaligus Ketua Pos Pemantau Terminal, Haura Bunga mengatakan bahwa momen seperti ini merupakan kali pertama Ia rasakan dalam hidupnya. Dibawah terik matahari dan polusi tetap tidak menurunkan semangatnya.

“Senang banget bisa membantu pak polisi mengatur lalu lintas, walaupun menguras waktu dan tenaga tapi bahagia bisa ikut kontribusi,” kata Haura kepada Radar Depok.

Anak pramuka yang terjun ke jalan tersebut sebelumnya sudah melakukan perekrutan terlebih dahulu dan mendapatkan pelatihan oleh polisi. Mereka diajarkan tata cara mengatur lalu lintas dan membantu para pejalan kaki untuk menyeberang.

Haura menuturkan, sejak H-3 sebelum Lebaran sampai kemarin (20/6), ia bersama teman-temannya sudah terjun ke jalan. Selama bertugas, dirinya banyak diremehkan oleh pengguna jalan karena dinilai tidak lihai dan pantas untuk mengatur lalu lintas.

“Banyak yang komplen juga, tapi disabar-sabarin aja, yang penting tetap jaga keselamatan juga itu yang penting,” ujarnya.

Sama dengan Haura yang tidak mudik saat Lebaran karena bertugas, Diar Rahma Fitri salah satu anggota pramuka yang ikut mengatur lalu lintas juga mengaku tidak mudik karena kebagian bertugas membantu polisi mengatur lalu lintas saat Lebaran.

“Ini sudah kali kedua saya terjun ke jalan untuk atur lalu lintas, saya senang walaupun tidak bisa mudik tapi bisa membantu polisi dan masyarakat untuk mengatur lalu lintas. Suatu pengalaman dan kehormatan tersendiri untuk saya,” kata Diar.

Selain Pos Pemantau di Terminal Kota Depok, terdapat empat titik lainnya yang tersebar. Di antaranya Pos Pemantau di Cinere, Simpang Juanda, Margo City, dan Simpang Tol Cijago. (san)