Beranda Satelit Depok Program Shodaqoh Sampah Kelurahan Tanah Baru, Kota Depok

Program Shodaqoh Sampah Kelurahan Tanah Baru, Kota Depok

0
Program Shodaqoh Sampah Kelurahan Tanah Baru, Kota Depok
IMMAWAN/RADAR DEPOK PROGRAM: Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan bersama anak-anak yang berpartisipasi pada program Shodaqoh Sampah yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tanah Baru.
IMMAWAN/RADAR DEPOK
PROGRAM: Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan bersama anak-anak yang berpartisipasi pada program Shodaqoh Sampah yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tanah Baru.

Kebiasaan baik memang harus ditanamkan sejak dini, terutama kesadaran akan kebersihan diri dan lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Tanah Baru melalui program Shodaqoh Sampah.

Laporan: IMMAWAN ZULKARNAIN

Tidak biasanya, Kantor Kelurahan Tanah Baru diramaikan oleh kerumunan anak kecil berseragam Sekolah Dasar (SD) sambil menenteng kantong-kantong plastik berisi botol bekas dan sampah non organik lainnya.

Setelah dikeluarkan dari kantong, mereka pun dengan telaten memilah tumpukan sampah dari kantong-kantong yang mereka bawa tadi. Mereka kelompokkan antara sampah botol, gelas plastik bekas air mineral, serta bungkus-bungkus makanan ringan berdasarkan bentuk dan ukurannya.

Rupanya, anak-anak tersebut sedang berpartisipasi dalam program Shodaqoh Sampah yang diselenggarakan oleh Kelurahan Tanah Baru. Yaitu kegiatan sosial dalam bentuk penyesuaian dari program bank sampah.

“Dalam rangka edukasi tentang kebersihan,” kata Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan.

Ditemui di kantornya, Jum’at (21/6), Zaky-sapaannya menceritakan, pihaknya mengundang anak-anak untuk bersama mengolah sampah, demi menyadarkan mereka bahwa sampah bisa bermanfaat.

“Bahkan bernilai ekonomis,” ujarnya.

Tidak berhenti disitu, Kelurahan Tanah Baru juga mengajak anak-anak untuk berbagi dengan saudaranya yang membutuhkan. Dengan cara menyumbangkan perolehan uang dari sampah yang mereka pilah kepada 4 warga Kelurahan Tanah Baru yang menderita kanker.

“Alhamdulillah dapat terkumpul Rp13 juta,” kata Lurah yang baru menjabat 7 bulan tersebut.

Menurut Zaky, kegiatan sosial yang melibatkan anak-anak seperti ini perlu digalakkan. Pasalnya, anak-anak adalah generasi penerus bangsa dan merupakan cerminan dari masa depan Kota Depok.

“Jadi, edukasi sejak dini itu perlu sekali. Salah satunya, tentang menjaga kebersihan dan mengolah sampah, yang sering disepelekan oleh masyarakat,” tandasnya.(*)