IMMAWAN/RADAR DEPOK PEMADAM: Petugas Dinas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang menghanguskan satu unit rumah di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Rangkepan Jaya
IMMAWAN/RADAR DEPOK
PEMADAM: Petugas Dinas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang menghanguskan satu unit rumah di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Rangkepan Jaya

DEPOK – Satu unit rumah ludes dilahap si jago merah, Kamis (28/6) pukul 13:15.  Beruntung, kebakaran yang terjadi di Jalan Raya Sawangan RT 01/04 No.5, Kampung Kekupu, Kelurahan Rangkapan Jaya tersebut tidak menelan korban jiwa.

Saking besarnya kobaran api, Dinas Pemadam Kebakaran sampai mengerahkan 13 unit mobil pemadam untuk memadamkan api yang membakar rumah milik H. Marwah tersebut.

Joni (48), tetangga korban menduga, kebakaran disebabkan oleh percikan api yang berasal dari sistem kelistrikan mobil Volvo yang sedang diperbaiki di depan rumah yang terbakar.

“Sempat terdengar beberapa kali suara ledakan,” ungkap Joni kepada Radar Depok di lokasi kejadian.

Dia menjelaskan, api menyala sejak sekitar pukul 13:15 sampai 15:00. Selama itu, meskipun warga sempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, api tetap berhasil menghanguskan bangunan beserta seluruh isinya.

“Karena terlalu berbahaya, pemilik rumah tidak sempat menyelamatkan barang berharga miliknya,” Joni.

Untungnya, lanjut Joni, api tidak sampai menjalar ke bangunan di sekitar rumah yang terbakar, setelah warga berinisiatif melakukan langkah pencegahan dengan membasahi area di sekeliling lokasi memanfaatkan air dari sumur dibelakang lokasi kebakaran.

Dia menambahkan, selain menghanguskan satu unit rumah, kebakaran juga berakibat pada macetnya ruas Jalan Raya Sawangan dari kedua arah.

“Ke arah Jakarta, macet sampai perapatan mampang. Sedangkan yang kearah bogor, macet sampai pertigaan parungbingung. Mereka ingin nonton kebakarannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Dankar) Kota Depok Gandara Budiana, yang langsung datang ke lokasi, mengatakan menurut keterangan saksi sebelum kejadian ada dua orang teknisi bengkel mobil memperbaiki mobil milik H. Marwah didalam garasi. Entah kenapa, kemudian terjadi percikan api dan terus membakar tempat bensin. Sehingga memicu ledakan dan disusul oleh kobaran api yang besar.

“Untuk memadakan api, kami kerahkan 13 unit mobil pemadam kebakaran,” ujarnya. (mg2)