Beranda Metropolis Selama Ramadan Kota Depok Hasilkan 6.000 Ton Sampah

Selama Ramadan Kota Depok Hasilkan 6.000 Ton Sampah

0
Selama Ramadan Kota Depok Hasilkan 6.000 Ton Sampah
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK BERAKTIFITAS : Pekerja sedang beraktifitas di kawasan TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERAKTIFITAS : Pekerja sedang beraktifitas di kawasan TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung.

DEPOK – Warga Kota Depok selama Ramadan benar-benar konsumtif. Faktanya, jumlah volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung meningkat. Selama Ramadan sampah yang masuk TPA Cipayung berdasarkan data 800 hingga 900 ton perhari. Jelas angka tersebut melambung tinggi, jika dibandingkan hari biasa hanya 700 hingga 750 ton sampah.

Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan mengungapkan, selama Ramadan tahun ini tren sampah dari warga Kota Depok naik. Hal itu disebabkan warga Depok konsumtif.

“Volume sampah selama Ramadan trennya naik perhari bisa capai 900 ton perhari. Padahal, hari biasa sekitar 700 hingga 750 ton sampah perharinya yang masuk ke TPA Cipayung,” ungkap Ardan, kepada Radar Depok, Selasa (19/6).

Khusus di malam takbiran pada Kamis (14/6), kata Ardan, sampah yang masuk ke TPA Cipayung ada 250 ton sampah. Jumlah 250 ton sampah belum ditambah pengangkutan sampah setiap harinya. “Malam takbiran mobil pengangkut sampah yang operasional sebanyak 14 unit,” bebernya.

Selama Ramadan juga tidak ada tambahan armada truk pengangkut sampah. “Berdasarkan data timbangan yang masuk tidak ada penambahan mobil,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kota Depok, Iyay Gumelar mengatakan, jumlah armada pengangkut sampah selama Ramadan tidak ada penambahan. Meski, jumlah volume sampah naik selama Ramadan.

Kata dia, pengangkutan sampah dilakukan secara normal dengan mengerahkan 115 unit armada truk besar dan kecil seperti hari biasa. “Tambahan operasi armada ini untuk malam takbiran dan H+1. Itu sebanyak 40 unit armada truk pengangkut sampah,” kata Iyay.

Satu unit truk sampah sekali angkut ke TPA Cipayung bisa mengangkut 5 ton. Dari jumlah 115 unit armada pengangkut sampah di 11 kecamatan terbilang cukup.

Meski begitu DKLH Depok di tahun ini merencanakan menambah lima unit truk pengangkut sampah ukuran besar.Guna mengcover pengangkut sampah di 63 kelurahan. “Mungkin di mengunakan dana di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2018,” jelas dia. (irw)