Beranda Depok Sport Piala Dunia Spanyol Banting Tulang Kalahkan Iran

Spanyol Banting Tulang Kalahkan Iran

0
Spanyol Banting Tulang Kalahkan Iran
Para pemain Spanyol merayakan gol yang dicetak Diego Costa ke gawang Iran (Reuters)
Para pemain Spanyol merayakan gol yang dicetak Diego Costa ke gawang Iran (Reuters)

RUSSIA – Spanyol memperoleh kemenangan pertamanya di Piala dunia 2018. Sergio Ramos dan kolega membungkam Iran dengan skor 1-0, Kamis (21/6) dini hari WIB. Tambahan tiga angka menjaga kans Spanyol lolos ke babak 16 besar.

Saat laga dimulai, Iran sudah membangun tembok pertahanan yang tangguh untuk membendung serangan Tim Matador. Spanyol memang aktif menyerang sejak peluit pertama dibunyikan. Kesempatan perdana hadir dari free kick Jordi Alba menit kesembilan. Namun bola gagal dijangkau rekan-rekannya.

Tak ada peluang emas yang ddihasilkan Spanyol sepanjang 20 menit babak pertama berlangsung. Anak asuh Fernando Hierro ini tampak sangat sabar untuk mengurai pertahanan Iran yang sangat rapat dan disilin.

Spanyol memperoleh kesempatan dari tendangan bebas pada menit ke-25. Hanya saja eksekusi David Silva mendarat tepat di tangkapan kiper Alireza Beiranvand. Kans tersebut adalah tembakan on target pertama Spanyol di pertandingan ini.

David Silva hampir mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-30. Sayang tendangan akrobatik pemain Manchester City ini hanya membuat bola melambung di atas mistar gawang Beiranvand.

Iran benar-benar tak memberikan ruang bagi Spanyol untuk menembak. Mereka menumpuk delapan hingga sepuluh pemain di sepertiga lapangan. Pelatih Carlos Queiroz memainkan strategi parkir bus untuk membuat Spanyol frustasi.

Spanyol mendapatkan kans emas lewat tendangan David Silva dari luar kotak penalti pada menit ke-46. Sayang bola membentur betis lawan sehingga hanya berbuah sepak pojok. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Spanyol tetap mempertahankan permainan menyerang pada babak kedua. Namun kesempatan pertama justru diperoleh Iran pada menit ke-54. Tapi Karim Ansarifard gagal menjinakkan David de Gea.

Kerja keras serta kesabaran Spanyol dalam membongkar pertahanan Iran akhirnya berbuah manis di menit 54. Striker Atletico Madrid, Diego Costa membuat La Furia Roja unggul usai menaklukkan penjagaan Beiranvand.

Tak lama setelah itu, kemelut di depan gawang David de Gea berbuah gol Iran yang dicetak Saeid Ezatolahi pada menit ke-62. Namun gol ini dianulir oleh wasit dan VAR. Sebab ada salah seorang pemain Iran dalam posisi offside.

Iran tak lagi memainkan sepak bola bertahan. Masuknya Alireza Jahanbakhsh menjadi penanda bahwa mereka siap meladeni Spanyol dengan permainan terbuka. Jahanbakhsh adalah striker yang mencetak 21 gol bersama AZ Alkmaar.

Pertandingan berjalan lebih sengit dan sangat atraktif pada 15 menit sebelum bubar. Sebuah peluang dihasilkan Iran melalui sundulan Mehdi Taremi memaksimalkan crossing Vahid Amiri. Sayang, bola melambung tipis di atas mistar gawang.

Seolah belum puas dengan satu gol, Spanyol terus berusaha memborbardir pertahanan lawan. Sementara Iran terus mengancam melalui skema serangan balik. Namun tak ada tambahan gol hingga akhir laga. Spanyol menang 1-0 dan mereka menyamai torehan Portugal yang mengemas empat poin.(saf/JPC)