Beranda Satelit Depok Tanah Baru, Kota Depok Fokus Menjaga Kebersihan Lingkungan Lewat Bank Sampah dan Kerja Bakti Akbar

Tanah Baru, Kota Depok Fokus Menjaga Kebersihan Lingkungan Lewat Bank Sampah dan Kerja Bakti Akbar

0
Tanah Baru, Kota Depok Fokus Menjaga Kebersihan Lingkungan Lewat Bank Sampah dan Kerja Bakti Akbar
IMMAWAN/RADAR DEPOK KOMPAK: Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan, Perwakilan Babinsa dan Binmaspol bersama warga Kelurahan Tanah Baru setelah melaksanakan program Kerja Bakti Akbar
IMMAWAN/RADAR DEPOK
KOMPAK: Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan, Perwakilan Babinsa dan Binmaspol bersama warga Kelurahan Tanah Baru setelah melaksanakan program Kerja Bakti Akbar

DEPOK  – Kebersihan lingkungan menjadi salah satu fokus dari kebijakan publik yang dirancang oleh Lurah Tanah Baru, Muchammad Zakkya Fauzan. Karenanya, masyarakat pasti kesulitan menemukan sampah berserakan di lingkungan sekitar Tanah Baru.

Zaky-sapaannya menjelaskan, pihaknya menjadikan kebersihan lingkungan sebagai fokus dalam pembuatan kebijakan guna mendukung visi Pemkot Depok. Yakni, menuju Kota Zero waste City.

“Program untuk menjaga kebersihan ini, searah dengan visi Kota Depok,” terang Zaky kepada Radar Depok.

Menurut Zaky, program-program kerja untuk menjaga kebersihan yang Ia canangkan cukup berhasil. Sebab, masyarakat bersedia untuk berbaur dan proaktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Alhamdulillah lingkungan sudah cukup bersih, karena partisipasi masyarakat bagus. Semuanya berbaur, baik yang penduduk asli maupun yang pendatang,” ujarnya.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, lajut Zaky, Ia meningkatkan partisipasi masyarakat dengan mencontohkannya terlebih  dahulu. Yaitu dengan terlebih dahulu menerapkan prinsip kebersihan di Kantor Kelurahan.

“Karena etikanya, tidak mungkin kita meminta orang untuk bersih sebelum kita sendiri mencontohkannya,” imbuhnya.

Karena itu, Ia mulai menerapkan kegiatan bersih-berih kantor yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat, setelah sesi senam pagi.

Setelah di mulai dari pihak internal Kantor Kelurahan, kata Zaky, barulah Ia melanjutkan penerapan program kebersihannya ke tengah masyarakat. Salah satunya, dengan menggagas program Kerja Bakti Akbar.

Dia menjelaskan, program tersebut berupa kegiatan kerja bakti yang dilakukan secara serentak oleh semua RW di Kelurahan Tanah Baru. Tujuannya, lanjut Zaky, untuk memperkuat silaturahmi antar warga sambil menjaga kebersihan lingkungan.

“Dalam pelaksanaannya, semua terlibat. Mulai dari warga, aparatur Kelurahan, sampai Babinsa dan Binmaspol ikut berpartisipasi,” pungkasnya.

Selain itu, kata Zaky, pihaknya juga memiliki program Bank Sampah yang berhasil mengurangi jumlah sampah non-organik di lingkungan sekitar Kelurahan Tanah Baru.

Dia menjelaskan, program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih bijaksana dalam menyalurkan limbah rumah tangganya. Karena, kata Zaky, tidak semua sampah tidak berguna.

“Sekarang ini ada 29 unit Bank Sampah yang hasilnya sudah dinikmati oleh warga 2 tahun belakangan ini,” jelasnya.

Dengan berhasilnya program Bank Sampah mengolah sampah non organik, Zaky berharap, pihaknya dapat segera menemukan metode tertentu untuk mengolah sampah organik.

“Persoalan kita sekarang tinggal bagaimana mengolah sampah organiknya,” tutup Zaky.(mg2)