Beranda Satelit Depok Cerdik-Patuh Hindarkan Warga Depok dari PTM

Cerdik-Patuh Hindarkan Warga Depok dari PTM

0
Cerdik-Patuh Hindarkan Warga Depok dari PTM
IST FOR RADARDEPOK MEMPELAJARI: Seorang warga sedang membaca buku terkait kesehatan di Puskemas Kelurahan Ratujaya.
IST FOR RADARDEPOK
MEMPELAJARI: Seorang warga sedang membaca buku terkait kesehatan di Puskemas Kelurahan Ratujaya.

DEPOK – Guna menghindarkan masyarakat dari bahaya penyakit tidak menular (PTM) di wilayah Kota Depok, Khususnya di Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Puskesmas Ratujaya mengajak seluruh masyarakat di lingkungan Ratujaya untuk menerapkan perilaku Cerdik dan Patuh dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk mengatasi PTM, kami ajak masyarakat untuk menerapkan perilaku CERDIK yang merupakan singkatan dari, cek kondisi kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kendalikan stres,” ujar Kepala Puskesmas Ratujaya, Frovira Brilyandini, di Aula Puskesmas Ratujaya.

Sedangkan yang sudah menyandang PTM, pihaknya akan mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku PATUH yang merupakan singkatan dari, periksa kesehatan secara rutin dan ikuti petunjuk dokter, atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, tetap diet sehat dengan gizi seimbang.

“Selain itu, kami imbau juga untuk upayakan beraktivitas fisik dengan aman dan yang terakhir hindari rokok, alkohol dan zat berbahaya lainnya. Program turunan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini dibentuk, agar mereka rajin kontrol dan minum obat,” ungkap Opi-panggilan akrabnya.

Selain imbauan, dirinya juga telah membentuk tim untuk melakukan pendataan dan pembinaan kesehatan terhadap 9000 KK di wilayah Ratujaya.

“Dengan upaya promotif dan preventif yang kami lakukan, diharapkan status kesehatan warga kami dapat terpantau dengan baik,” katanya.(dra)