Beranda Pendidikan Daftar Ulang PPDB Jalur Afirmasi, 180 Siswa Lolos SMAN 1 Depok

Daftar Ulang PPDB Jalur Afirmasi, 180 Siswa Lolos SMAN 1 Depok

0
Daftar Ulang PPDB Jalur Afirmasi, 180 Siswa Lolos SMAN 1 Depok
SANI/RADAR DEPOK CEK BERKAS: Orang tua siswa mendampingi anaknya yang berhasil diterima di SMAN 1 Depok tengah melaksanakan proses daftar ulang, kemarin di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.
SANI/RADAR DEPOK
CEK BERKAS: Orang tua siswa mendampingi anaknya yang berhasil diterima di SMAN 1 Depok tengah melaksanakan proses daftar ulang, kemarin di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

DEPOK – Puluhan siswa SMP dengan didampingi orang tuanya memenuhi SMAN 1 Depok, mereka adalah siswa yang berhasil dinyatakan lolos masuk sekolah urutan pertama di Kota Depok tersebut melalui jalur Afirmasi, dan tengah mengikuti proses daftar ulang.

Ketua PPDB di SMAN 1 Depok, Subejo mengatakan bahwa peserta didik baru yang resmi dinyatakan masuk SMAN 1 Depok harus melakukan daftar ulang yang dimulai dari 2-4 Juli 2018 dengan membawa dokumen yang ditetapkan.

“Dari jalur afirmasi atau non akademik, kuota siswa yang diterima ada 180 orang. Mereka akan diberikan kesempatan selama tuga hari kedepan untuk daftar ulang,” kata Subejo kepada Radar Depok, kemarin.

Subejo menjelaskan, pada jalur afirmasi terdapat lima bagian jalur yang terdiri dari warga penduduk setempat (WPS), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), penghargaan maslahat guru (PMG), anak berkebutuhan khusus (ABK), dan prestasi.

“Dari 180 anak, ABK tiga orang, PMG 14 orang, WPS 33 orang, KETM 65 orang, dan prestasi 65 orang,” jelasnya.

Walaupun batas daftar ulang hanya sampai 4 Juli 2018, namun masih diberikan kelonggaran waktu sampai hari pertama masuk sekolah 16 Juli 2018 mendatang bagi siswa yang terkendala sesuatu atau karena alasan tertentu.

“Orang tua harus melapor kepada sekolah dengan alasan yang jelas dan dapat diterima oleh sekolah, bisa saja kan siswa tersebut sudah diterima di sekolah lain (luar jawa barat) namun waktu pendaftaran dia dua sekolah,” bebernya.

Kuota keseluruhan untuk kelas X di SMAN 1 Depok adalah 324 siswa, namun jika ada siswa yang tidak mendaftar ulang, Subejo mengatakan tidak akan menambah siswa dari yang tidak lolos dalam PPDB.

“Ketentuannya jika tidak lolos di jalur non-akademik boleh mendaftar lagi pada jalur akademik (NHUN). Kalau saat hari pertama sekolah ada satu siswa yang tidak mendaftar ulang, berarti kuota kurang satu ya tidak apa-apa dibiarkan saja,” pungkas Subejo. (san)