INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK SEMANGAT: Warga binaan P2WKSS mengolah sebuah kuliner khas Betawi.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
SEMANGAT: Warga binaan P2WKSS mengolah sebuah kuliner khas Betawi.

Sebanyak 30 warga di lokasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Kelurahan Ratujaya, Cipayung, dibekali pelatihan membuat makanan olahan. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok tersebut akan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 9 hingga 12 Juli 2018.

LAPORAN: INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di lokasi P2WKSS para warga begitu antusias memperaktekan cara membuat beberapa olahan makananan yang baru diajarkan oleh Disdagin Kota Depok.

“Pelatihan yang diberikan mengenai pembuatan kue khas Betawi yang menjadi hantaran pengantin seperti dodol dan roti buaya. Nanti di hari terakhir pelatihan, para peserta juga akan dilatih membuat kemasan untuk hantaran pengantin,” tutur Kepala Bidang Perindustrian, Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz.

Lebih lanjut, ucap Martinho, tujuan dari pelatihan untuk meningkatkan keterampilan warga di lokasi P2WKSS. Pelatihan membuat makan olahan ini diadakan berdasarkan usulan dari para warga yang berada di lokasi tersebut.

“Untuk yang melatih membuat kue kami hadirkan dari para pengusaha kue yang sudah berpengalaman,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan pelatihan tersebut, diharapkan dapat terbentuk sejumlah kelompok usaha yang mampu meningkatkan taraf ekonomi khususnya bagi warga di lokasi tersebut. “Selain itu, pelatihan  hanya melibatkan ibu-ibu yang berada di lokasi P2WKSS,” pungkasnya. (*)