Beranda Metropolis Kemnaker Ganjar 10 Perusahaan Penghargaan

Kemnaker Ganjar 10 Perusahaan Penghargaan

0

DEPOK – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan apresiasi kepada sepuluh perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas. Penghargaan tersebut, diberikan pada pembukaan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Nasional XVII Tahun 2018 di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok, belum lama ini. Kesepuluh perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut telah menerima puluhan penyandang disabilitas.

Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Maruli A. Hasoloan mengatakan, pemerintah terus mendorong, agar perusahaan-perusahaan bisa memberikan kesempatan kerja lebih luas kepada penyandang disablitas.

Tentunya mereka bisa bekerja disesuaikan dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.

“Pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif, artinya siapa saja dan apapun kondisinya berhak mendapat akses ke pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak,” kata Dirjen Maruli kepada Harian Radar Depok.

Kata dia, berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah mengamanatkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan 1 persen penyandang disabilitas. Di mana 1 persen ini dari total pekerjanya sedangkan perusahaan BUMN sebanyak 2 persen.

Maruli mengatakan, perusahaan baik BUMN/BUMD ataupun swasta wajib memberikan kesempatan yang sama bagi para rekan disabilitas.

Pasalnya penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja.”Jangan dilihat keterbatasannya, tapi dilihat kompetensinya. Berikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas,” ujar Dirjen.

Terkait Job fair ini kata dia, diikuti 158 perusahaan dan instasni dengan menyediakan lebih dari 12.000 lowongan kerja yaitu industri start up, telekomunikasi dan teknologi informasi, perbankan, manufaktur, retail, agro industri, automotif, dan jasa, dan lain-lain

“Kami harap semua perusahaan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk bekerja. Karena sudah ada aturannya,” tandasnya. (irw)