REGI/RADAR DEPOK AYO JAGA KESEHATAN: Petugas Puskesmas Ratujaya menyosialisasikan rumah sehat di RW05 yang menjadi lokasi P2WKSS, Kamis (26/7).
REGI/RADAR DEPOK
AYO JAGA KESEHATAN: Petugas Puskesmas Ratujaya menyosialisasikan rumah sehat di RW05 yang menjadi lokasi P2WKSS, Kamis (26/7).

DEPOK – Petugas Puskesmas Ratujaya, Kelurahan Ratujaya, Cipayung, menyosialisasikan rumah sehat di lokasi P2WKSS RW05, Kamis (26/7).

Sasarannya yakni warga yang mendapat kategori rumah tidak layak huni (RLTH).

Kepala Puskesmas Ratujaya, dr Frovira Brilyandi menyatakan, rumah sehat yang memenuhi syarat kesehatan yaitu memiliki jamban yang sehat atau bersih, sarana air bersih.

Kemudian tempat pembuangan air limbah, ventilasi yang baik, kepadatan huni rumah yang sesuai dan lantai rumah yang tidak terbuat dari tanah.

“Pesertanya ada 30 orang, mulai dari RT04, 05, 08 di RW05. Kegiatan ini berupaya untuk pemberdayaan masyarakat tentang rumah sehat dan pentingnya rumah sehat. Paling tidak mereka tahu seperti apa kriteria rumah sehat dan menimbulkan rasa keinginan dalam menciptakan rumah sehat,” kata perempuan karib disapa Opi.

Opi menilai di lingkungan RW05 banyak rumah tidak layak huni dan tidak masuk dalam kriteria rumah sehat.

Kepadatan penduduk hingga pembuangan air besar warga yang menjadi aspek tidak masuk dalam kriteria rumah sehat.

“Untuk itu, kami mengundang warga yang memiliki rumah kurang layak,” kata Opi.

Apa yang disampaikan Opi diakui oleh salah seorang warga, Halimah (57).

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi ia dan warga menjadi mengerti betapa pentingnya menjaga keasrian rumah dan menjalankan fungsi rumah sebagaimana mestinya seperti membuka jendela, menyedot septic tank minimal tiga bulan sekali.

“Iya, saya senang dengan adanya kegiatan ini ya jadi tahu. Jangan jauh-jauh deh, dari hal kecil kayak jendela nggak dibuka tiap pagi saja berpengaruh bahaya. Nah, belum lagi septic tank yang memang saya tidak kepikiran sama sekali buat melakukan menyedot septic tank. Ternyata kata bu dokter bahaya juga,” kata Halimah.

Sosialisasi ini diikuti Camat Cipayung, Lurah Ratujaya, dan Babinsa Ratujaya. (cr1)