Beranda Politika Menilik Pesta Demokrasi 2019 Tingkat II Kota Depok

Menilik Pesta Demokrasi 2019 Tingkat II Kota Depok

0
Menilik Pesta Demokrasi 2019 Tingkat II Kota Depok
RICKY/RADAR DEPOK MCU : Anggota DPRD Kota Depok, Muhammad HB saat melakukan MCU di RSUD Kota Depok, Jalan Raya Muchtar Kelurahan/Kecamatan Sawangan, Rabu (4/7).
RICKY/RADAR DEPOK
MCU : Anggota DPRD Kota Depok, Muhammad HB saat melakukan MCU di RSUD Kota Depok, Jalan Raya Muchtar Kelurahan/Kecamatan Sawangan, Rabu (4/7).

Tahapan pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) sudah dimulai, seluruh partai politik pun sudah mempersiapkan kandidat terbaiknya untuk berjuang pada pesta demokrasi 2019 guna memperebutkan jatah 50 kursi di DPRD Kota Depok.

Laporan : Ricky Juliansyah

Hinggar bingar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar Sudah mulai meredup, sambil menunggu proses rekapitulasi di tingkat provinsi dan pengumuman KPU Jabar siapa yang menjadi pemimpin Jawa Barat untuk periode 2018-2023.

Beririsan dengan proses tersebut, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU RI) Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum yang ditetapkan pada 19 Januari 2019, juga telah memulai proses untuk Pileg 2019.

Kali ini, Radar Depok hanya akan mengulas di tingkat II Kota Depok, dimana tahapan yang dilaksanakan saat ini adalah masa pendaftaran Bacaleg yang dilaksanakan mulai 4 -17 Juli 2018. Selain sibuk melakukan pemberkasan di internal partai, parpol juga mengarahkan agar Bacaleg tersebut memenuhi dokumen persyaratan lainnya seperti Medical Chek Up (MCU), SKCK, Surat Keterangan tidak terlibat pidana dari pengadilan dan lainnya.

Mengintip MCU di RSUD Kota Depok, beberapa hari sebelum pembukaan pendaftaran di KPU Kota Depok, sudah ada beberapa Parpol yang sudah melakukan MCU dengan membawa Bacaleg masing-masing secara kolektif.

Di RSUD, Bacaleg yang melaksanakan MCU sendiri banyak muka-muka yang familiar, baik di lingkungan, DPRD Kota Depok, maupun di televisi. Kalau di DPRD Kota Depok, sudah pasti petahana yang maju kembali untuk Pileg 2019.

Hingga Jumat (6/7), Aleg di DPRD Kota Depok pun mewarnai barisan kursi dan meja untuk mengisi jawaban dari soal MMPI yang disediakan RSUD. Salah satunya Muhammad HB, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Depok ini berniat maju kembali pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

“Saya mau untuk melanjutkan menjadi penyambung aspirasi masyarakat dan ingin memajukan wilayah menjadi lebih baik lagi,” tutur HB di Dapil Beji-Cinere-Limo.

Tokoh masyarakat sendiri, banyak memenuhi gedung B-D RSUD Kota Depok tersebut, Mahfudin Abe salah satunya, tokoh pemuda dari Kelurahan Bedahan, Sawangan ini pun mencoba peruntungannya pada Pileg 2019.

“Saya maju dari PDI Perjuangan, Dapil Cipayung-Sawangan-Bojongsari, mohon doa restu,: ucap Abe.

Lebih jauh melihat barisan orang yang konsentrasi menjawab soal-soal MMPI, dari kalangan artis juga menjadi bidikan partai untuk mendongkrak suara dan memenuhi target kursi dari internal mereka. Beberapa artis yang sering hilir mudik di layar kaca seperti Jane Shalimar pun ambil bagian untuk memperebutkan jatah kursi di DPRD Kota Depok.

Bisa dibilang, pilihan Jane termasuk anomali di dunia politik tanah air, dimana kebanyakan artis mencoba bersaing di DPR RI dan alhamdulilah beberapa nama beken ibukota berhasil menduduki kursi legislatif di tingkat pusat. “Saya untuk Dapil Beji-Cinere-Limo,” ucap Jane saat ditemui Radar Depok di Kantor DPC Partai Demokrat. (*)