Beranda Metropolis Penderita HIV Ditangani Dinkes Depok

Penderita HIV Ditangani Dinkes Depok

0
Penderita HIV Ditangani Dinkes Depok
Ilustrasi HIV
Ilustrasi HIV

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, terus menekan angka dan menangani para penderita HIV-AIDS di Kota Depok. Caranya dengan lima poin yang sudah dilakukan selama ini. Langkah dalam menangani penyakit ini dilakukan di 11 kecamatan dan 63 kelurahan.

Sekretaris Dinkes Depok, Ernawati menyebutkan, kasus aids di Depok sudah ditangani tim Dinkes. Penanganan ini kata dia, pertama melakukan layanan mobile voluntary counselling and testing (VCT) di seluruh kelurahan yang di kota ini.

Kedua, melakukan pelayanan hiv aids di puskesmas, 17 Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) , dan  dua rumah sakit. Ketiga, melakukan kerjasama dengan menyosalisasikan lintas sektor terkait penyakit Aids.

Keempat, melakukan penyuluhan secara bertahap kepada masyarakat. Lalu kelima melakukan pemeriksaan HIV pada seluruh ibu hamil yang ada di Depok, sehingga bisa dicegah inveksi aids.

“Kami juga memberikan saran kepada penderita untuk melakukan pengobatan aids secara teratur,” ungkap Ernawati, kepada Radar Depok, Selasa (3/7).

Jumlah penderita aids di Kota Depok pada 2017, sebut dia, berdasarkan Sistem informasi HIV -Aids (SIHA) Kota Depok ada 372 orang dari berbagai umur. Sedangkan untuk penderita anak di bawah umur dari umur 1 -4 tahun ada tiga orang berjenis laki-laki.

Sedangkan untuk umur 15-24 tahun ini didominasi oleh kaum adam berjumlah 122 orang. Untuk perempuan hanya sekitar 4 orang yang menderita penyakit tersebut. “Sisanya diatas umur 24 tahun,” ucap dia.

Terpisah, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Depok T. Farida Rachmayanti menyebutkan, setiap korban penderita Aids-HIV perlu ditangani dan dilindungi. Namun, dalam hal ini Pemerintah Kota Depok telah melakukan penanganan melalu Badan Kajian Kesejahteraan Keluarga (K3) yang sudah dibentuk Walikota Depok. “Bahkan ada 30 orang tim pendampingan penderita aids. Itu di bawah naungan pihak Dinsos Depok,” ucap dia singkat. (irw)