Beranda Politika Pradi: Efek Domino Positif dengan Subuh Berjamaah di Depok

Pradi: Efek Domino Positif dengan Subuh Berjamaah di Depok

0
Pradi: Efek Domino Positif dengan Subuh Berjamaah di Depok
RICKY/RADAR DEPOK SILATURAHMI : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna bersalaman dengan tokoh masyarakat dan warga usai salat subuh berjamaah di Masjid Agung Balaikota Depok.
RICKY/RADAR DEPOK
SILATURAHMI : Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna bersalaman dengan tokoh masyarakat dan warga usai salat subuh berjamaah di Masjid Agung Balaikota Depok.

DEPOK – Gerakan Subuh Berjamaah bersama ASN Kota Depok yang digagas Pemkot Depok telah menjadi gerakan dakwah yang membawa sejumlah manfaat dan keutamaan. Tidak hanya mengajak dan mengingatkan ASN dan masyarakat untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah setiap harinya, kegiatan ini juga memberikan efek domino positif.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, subuh berjamaah tingkat Kota Depok yang dilaksanakan bersama ASN di Masjid Agung Balaikota Depok memiliki banyak manfaat positif bagi yang melaksanakan.

“Karena banyak manfaatnya, bisa saya bilang efek domino yang positif,” kata Pradi kepada Radar Depok, Senin (9/7).

Ia menuturkan, Salat Subuh berjamaah, selain menunaikan kewajiban sebagai seorang hamba kepada Sang Khalik, dengan pahala yang 27 derajat lebih besar dari pada salah sendiri di rumah, juga menjadi wahana silaturahmi antar seluruh ASN dengan masyarakat.

“silaturahmi menjadi semakin erat dan terjaga berkat kegiatan subuh berjamaah, tidak ada konflik di antara kelompok umat Islam sendiri atau pun antar suku di Kota Depok. Di sini, tingkatannya antar ASN kan,” terangnya.

Bahkan, sambung Pradi, subuh berjamaah, Bangun sebelum Subuh itu sungguh banyak manfaatnya. Mulai dari menyiapkan diri shalat sampai kita jauh lebih bisa menata diri lebih baik di setiap awal paginya.

“Bahkan, salah satu hadist mengatakan, Barangsiapa yang shalat isya` berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya, papar Pradi.

Kemudian, beberapa manfaat yang didapat selain pahala dari Allah SWT, yakni  bisa meluangkan waktu untuk membuat planning (rencana), antusias yang tinggi untuk menjalankan aktivitas, masih ada waktu untuk olahraga ringan, selamat dari ketergesa-gesaan.

“Kita masih bisa membaca Alquran. Dari sini saja manfaatnya sangat banyak, apalagi kalau berjamaah di masjid. Sangat luar biasa manfaatnya,” ucap Pradi. (cky)