Beranda Metropolis Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (2) Wadahi 300 Penulis, 10 Hari Bisa Terbit

Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (2) Wadahi 300 Penulis, 10 Hari Bisa Terbit

0
Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (2) Wadahi 300 Penulis, 10 Hari Bisa Terbit
IST FOR RADARDEPOK PAMERAN : Tim Guepedia saat menjelaskan kepada perwakilan negara asing saat berkunjung di booth Guepedia pada perhelatan E-Commerce terbesar 'Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) di BSD, Serpong.
IST FOR RADARDEPOK
PAMERAN : Tim Guepedia saat menjelaskan kepada perwakilan negara asing saat berkunjung di booth Guepedia pada perhelatan E-Commerce terbesar ‘Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) di BSD, Serpong.

Sejak berdiri Agustus 2015, Guepedia telah menjaring banyak penulis. Bahkan di bulan pertama saja setelah kelahirannya, Guepedia telah memperoleh sekitar 10 orang penulis dengan penjualannya yang mencapai Rp11 juta. Untuk kondisi sekarang sendiri, penulis di Guepedia telah mencapai 300 orang, dimana satu penulis mempunyai lebih dari satu naskah.

Laporan : Ricky Juliansyah

Ada gula ada semut. Demikian ungkapan yang tepat, jika diibaratkan Guepedia.com sebagai gulanya dan semutnya itu penulis. Sejak dibangun Agustus 2015 lalu, Guepedia.com menjelma sebagai startup yang digandrungi, khususnya bagi para penulis.

Bagaimana tidak, saat ini situs yang dibuat oleh Dianata Eka Putra ini telah mewadahi 300 penulis yang karya-karyanya telah dipublikasikan di situs Guepedia.com. Juaranya lagi, tim Guepedia.com tidak secara jor-joran melakukan promosi. Setidaknya, hanya sekali mempromosikan Guepedia.com.

“Saya hanya mengikuti pameran di Indonesia e-Commerce Summit & Expo beberapa waktu lalu di BSD Serpong. Alhamdulillah, waktu itu sudah ada 200 penulis,” ujar Dianata.

Dianata menganalogikan Guepedia.com,  seperti perusahaan aplikasi teknologi di transportasi online. Platform digital ini berhasil menjaring minat penulis. “Di bulan pertama sejak Guepedia berdiri, saya mendapatkan penulis sekitar 10 orang dan penjualan buku menembus Rp 11 juta,” papar Dianata.

Pengusaha lulusan S-1 Jurusan Fisika dari Universitas Indonesia ini mengungkapkan, jumlah penulis dan transaksi semakin bertambah seiring pertumbuhan bisnis Guepedia. Namun, ia belum bisa memastikan persentase pertumbuhan bisnisnya ini.

“Yang jelas jumlah penulis mencapai 300 orang, dan satu penulis bisa memiliki lebih dari satu naskah,” ungkapnya.

Model bisnis Guepedia.com berbeda dari penerbit konvensional ataupun penerbit independen. Guepedia.com memastikan naskah penulis akan diterbitkan sepanjang tidak melanggar nilai dan norma masyarakat. Panjang naskah minimum 80 halaman. Kemudian penulis mendaftar ke guepedia.com dan mengunggah naskahnya dalam format PDF atau word.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Guepedia.com adalah sebuah media online yang akan melayani penerbitan buku. Dari hal ini maka Guepedia.com akan bisa membuat para penulis mampu menerbitkan naskah yang dimilikinya.

“Penerbitan melalui Guepedia sendiri terbilang sangat cepat. Sejak naskah diterima oleh tim Guepedia, naskah akan terbit menjadi buku hanya dalam waktu 10 hari saja,” kata warga Kelurahan Leuwinanggung tersebut.

Urutan prosedur penerbitan di Guepedia adalah, setelah naskah diterima dari penulis maka akan dilakukan proses penyuntingan, desain layout, dan sampul buku oleh tim produksi. Setelah proses ini selesai maka Dianata akan segera menerbitkan, mempromosikan, serta mendistribusikan buku ke berbagai saluran penjualan.

“Dalam waktu 10 hari, buku tersebut sudah bisa dicetak, kalau penerbit konvensional diproses tiga bulan. Biasanya dalam hal promosi dan distribusi ini kami menggunakan media dan situs jual beli online di Asia Tenggara,” ucap Dianata. (Bersambung)