Beranda Metropolis Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (3-Habis) Sebulan Dapat Royalti, Umur Buku Sepanjang Masa

Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (3-Habis) Sebulan Dapat Royalti, Umur Buku Sepanjang Masa

0
Situs Guepedia.com Tampung Penerbitan Secara Online (3-Habis) Sebulan Dapat Royalti,  Umur Buku Sepanjang Masa
IST FOR RADARDEPOK PAMERAN : Tim Guepedia saat membuka booth Guepedia pada perhelatan E-Commerce terbesar 'Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) di BSD, Serpong.
IST FOR RADARDEPOK
PAMERAN : Tim Guepedia saat membuka booth Guepedia pada perhelatan E-Commerce terbesar ‘Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) di BSD, Serpong.

Siapa yang tidak ingin, jika hobi bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah ke dompet. Hal tersebut juga dipikirkan Dianata Eka Putra dalam mengelola Startup Guepedia.com. Sebab, penulis dapat menyalurkan hobi menulis di rumah, royalti pun turun dari tiap bulannya.

Laporan : Ricky Juliansyah

Memasuki edisi ke tiga, Dianata kembali menuturkan secara detail konsep bisnis startup yang dijalankan melalui situs Guepedia,com. Kata Dianata, dalam konsep usaha atau bisnisnya, Guepedia yang berbasis internet memiliki perbedaan dengan penerbit konvensional atau juga penerbit independen.

Sedangkan, pada penerbit konvensional atau independen penulis akan dibebani biaya penyuntingan hingga pendaftaran International Standard Book Number (ISBN), Tapi di Guepedia tidak akan dibebani biaya apapun.

“Model bisnis yang diterapkan Guepedia ini membantu penulis memasarkan karyanya ke masyarakat. Jadi menulis di rumah saja bisa mendapatkan uang,” ucap Dianata.

Lebih lanjut ia mengulas, Guepedia sendiri memberikan 15 persen dari hasil penjualan dengan sebuah kejelasan dan transparasi yang baik. Untuk proses pembayarannya sendiri dilakukan dengan sangat cepat, yaitu setiap sebulan sekali. Berbeda dengan penerbit konvensional yang biasanya akan membayar royalti yang jumlahnya tak seberapa dalam waktu yang cukup lama yaitu setiap 6 bulan sekali.

Untuk memasarkan buku, Dianata menambahkan, dilakukan lewat Google Play Book yang harganya bisa lebih murah 25 persen dari harga buku fisik atau dijual di media sosial, hargabukuonline.com, serta titikmedia.com.

“Laporan penjualan mudah dipantau penulis yang menjadi anggota guepedia.com. Dan yang tidak kalah penting, biaya cetak gratis dan pemasaran menggunakan 25 marketplace ternama se-Asia untuk memudahkan konsumen membeli dan mengakses buku,” kata Dianata.

Nah, hal yang seperti itu menjadi pembeda antara guepedia.com dan penerbit buku konvensional. Sebab, pada penerbit buku konvensional laporannya sangat jelas dan tidak ribet. Tetapi, di Guepedia,com cukup log ini di website dan semua laporan dari penjualan buku akan muncul beserta jumlah royalti.

Bukan itu saja, sambung Dianata, jika melalui penerbit konvensional, buku terpajang di toko-toko buku, biasa dalam waktu 2 bulan baru bisa tersebar rata di semua toko buku yang ada di Indonesia, itu pun kalau distributor cepat dalam mendistribusikannya, kalau tidak siap-siap saja buku banyak kosong di toko-toko buku.

Pada bulan pertama hanya dibeberapa toko buku saja. Senang dong lihat bukunya ada di toko buku. Tapi, kata Dianata masalah belum selesai. Sebab, saat sekarang umur buku di rak-rak toko buku tidak berumur panjang, mau toko buku besar atau toko buku kecil, apalagi yang toko buku besar jangan harap buku bisa bertahan lebih dari 6 bulan terpajang di rak mereka, biasanya dalam waktu rata-rata 3 bulan buku sudah hilang dari rak mereka.

“Andaikan stoknya masih ada, posisinya mungkin di bawah atau tersembunyi sehingga siapa saja akan sulit menemukannya, bahkan SPG toko buku itupun sulit menemukan buku tersebut, engga percaya coba aja,” kata Dianata.

Dianata mengatakan, keunggulan di Guepedia.com adalah, naskah pasti diterima dan pasti diterbitkan, proses dari naskah di terima dan di cetak di jual/promosikan tidak lebih dari 6 hari kerja, umur buku sepanjang masa. Sehingga siapapun pasti dapat jika ingin membelinya, royalty pertama bisa diterima dalam waktu 1 bulan sejak naskah terbit menjadi buku dan potensi royalty yang terus meningkat, karena buku umurnya panjang dan tersedia sepanjang waktu, sehingga pembaca akan mudah mendapatkannya.

Guepedia.com pun akan menerima sebuah naskah sebagai bentuk karya cipta yang

harus dihargai, guepedia.com menyadari bahwa menulis sebuah karya dalam bentuk tulisan sangatlah sulit dan tidak semua orang bisa menulis apalagi menjadi tulisan yang menarik, jadi selama

naskah tersebut mengandung informasi yang berguna, hiburan yang bermanfaat, ilmu yang dapat di gunakan dan bahan bacaan yang mengandung karya seni dan bermanfaat untuk banyak orang, maka guepedia akan menerbitkannya.

“Selama naskah tersebut tidak mengandung SARA dan menfitnah seseorang, atau mencemarkan nama

baik seseorang, maka naskah akan diterbitkan guepedia.com,” ucap Dianata. (*)