IRWAN/RADARDEPOK VERIFIKASI:Kasi Pemerintahan Kelurahan Grogol, H Parman kepada Harian Radar Depok, saat menyortir berkas persyaratan PTSL, kemarin.
IRWAN/RADARDEPOK
VERIFIKASI: Kasi Pemerintahan Kelurahan Grogol, H Parman kepada Harian Radar Depok, saat menyortir berkas persyaratan PTSL, kemarin.

DEPOK – Pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo tinggal menyelesaikan 1.000 berkas. Ditarget Senin (13/8) mendatang keseluruhannya sebanyak 2.000 berkas rampung, dan diserahkan ke Badan Pertanahan Negara (BPN) Depok.

“Waktu tinggal sepekan lagi, sementara jumlah berkas yang belum di verifikasi masih ada seribu berkas. Jadi saya harus kerja ekstra guna menyelesaikan tugas ini sebelum tanggal 13 Agustus,” terang Kasi Pemerintahan Kelurahan Grogol, H Parman kepada Harian Radar Depok, saat menyortir berkas persyaratan PTSL, kemarin.

Menurutnya, di Kelurahan Grogol baru mencapai 50 persen dari 2.000 berkas bidang lahan, yang akan diajukan dalam program sertifikasi gratis tersebut. Kendala paling dominan dalam pemberkasan persyaratan PTSL penelusuran data riwayat tanah yang tercatat di Letter C.

“Penelusuran riwayat tanah di buku Letter C memang membutuhkan waktu agak lama. Apalagi jika lahannya sudah sering diperjual belikan. Tapi kami akan berupaya sepekan ini semua berkas sudah bisa dikirim ke BPN,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Kelurahan (Sekel) Grogol, Lukman Zaelani mengatakan, untuk menyelesaikan tahapan pemberkasan dia bersama staf, terpaksa kerja lembur hingga malam hari. Hal ini dilakukan agar semua berkas dapat terselesaikan pada limit waktu yang telah ditetapkan. “Mudah-mudahan nanti semua berkas yang jumlahnya mencapai dua ribu bisa terselesaikan sebelum masa tenggang habis,” tandasnya singkat.(irw)