Mahfudin Abe, Tokoh Muda Kecamatan Sawangan
Mahfudin Abe, Tokoh Muda Kecamatan Sawangan

DEPOK – Tanggal 17 Agustus 2018, Bangsa Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke-73. Untuk itu, tokoh muda Kecamatan Sawangan, Mahfudin Abe merasa seluruh warga negara Indonesia (WNI) patut bersyukur dengan nikmat tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Abe, nagi para pejuang dan orang-orang yang hidup pada masa memperjuangkan kemerdekaan, makna paling nyata dari kemerdekaan adalah lepasnya cengkeraman para penjajah dari bumi pertiwi.

Namun, hampir selama 73 tahun sejak Indonesia menyatakan kemerdekaannya, tentunya semakin sedikit generasi yang merasakan secara langsung makna kemerdekaan seperti yang dirasakan oleh generasi sebelumnya.

“Harusnya kita patut bersyukur dan makin banyak bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang dimiliki,” kata Abe kepada Radar Depok, Rabu (8/8).

Abe menjelaskan, generasi sekarang makna kemerdekaan mungkin tidak sama dengan generasi sebelumnya, tetapi bukan berarti generasi sekarang tidak dapat memaknai kemerdekaan.

“Kita tidak berhadapan secara langsung dengan penjajah, tidak juga harus mengorbankan harta dan nyawa demi meraih kemerdekaan. Tapi, sebagai generasi penerus, tugas dalam menjaga dan merawat kemerdekaan serta semangat nasionalis itu juga tidak kalah berat,” Jelas Abe.

Kemudian, perjuangan generasi penerus adalah menjaga keutuhan bangsa dan melanjutkan estafet ke pada generasi selanjutnya, sehingga NKRI terus utuh.

“Sekali lagi, ini patut disyukuri, nikmat sehat, nikmat iman, nikmat kemerdekaan bagi seluruh bangsa Indonesia,” tegas Abe.

Menghadapi Pemilu 2019 mendatang pun memiliki makna kemerdekaan juga, yakni merdeka dan secara langsung dalam menentukan pemimpin serta wakilnya di legislatif. Tentunya, Abe yang juga mencalonkan diri untuk Legislatif tingkat II Kota Depok ini mengharapkan agar masyarakat dapat merdeka menggunakan hak suaranya tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

“Kemerdekaan dan demokrasi itu sebuah nikmat yang harus disyukuri, jangan sampai kita khufur atas nikmat tersebut,” ucap Abe yang mencalonkan di Dapil 6 (Cipayung, Sawangan, Bojongsari) ini. (cky)