REGI/RADAR DEPOK JAGA LINGKUNGAN: Camat Cilodong, Mulyadi (kiri), meresmikan Bank Sampah Wijaya Kusuma di RW22, kemarin.
REGI/RADAR DEPOK
JAGA LINGKUNGAN: Camat Cilodong, Mulyadi (kiri), meresmikan Bank Sampah Wijaya Kusuma di RW22, kemarin.

DEPOK – RW22, Kelurahan Sukamaju, Cilodong, memiliki kelompok bank sampah yang diberinama Bank Sampah Wijaya Kusuma.

Keberadaan bank sampah ini atas dukungan PT Protelindo Divisi Sintac Colo yang digulirkan melalui program Corporate Social Responbility (CSR).

Senior Project Manager PT Protelindo, Ferriyandi Putra menyatakan, kegiatan ini bentuk lomba di setiap divisi yang setiap tahunnya diselenggarakan.

“Tahun lalu kita lakukan sunatan massal. Kali ini kita bekerja sama dengan pihak kecamatan dan Bank Sampah Wijaya Kusuma,” kata Ferri.

Dukungan yang diberikan PT Protelindo, katanya, pemberian berupa satu timbangan digital, dua alat biopori, dan 200 tempat sampah organik.

“Dengan adanya program ini kami berharap warga, khususnya RW22, merasa terbantu,” ujar Ferri.

Di tempat yang sama, Camat Cilodong, Mulyadi mengatakan, melalui bank sampah, sampah non-organik akan dipilah untuk selanjutnya dijual ke pengepul.

Sistem pemanfaat dan dengan bank sampah memberikan keuntungan kepada semua pihak. Warga meminta manfaat ekonomis dari hasil penjualan sampah, pengepulan mendapatkan manfaat efisinsi karena sampah terkumpul di satu tempat dan sudah terpilah.

Setelah kegiatan ini, Mulyadi akan mengimbau ke seluruh warga Kecamatan Cilodong untuk mengelola sampah guna menjaga lingkungan.

“Saat ini kita merencanakan untuk terus menjaga lingkungan dengan mengelola sampah-sampah yang ada di sekitaran kecamatan,” kata Mulyadi. (cr1)