SANI/RADAR DEPOK PEMBINAAN: Puluhan guru SD dan SMP di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru berfoto bersama dengan pihak puskesmas Rangkapan Jaya usai diberikan pembinaan, di aula kantor kelurahan.
SANI/RADAR DEPOK
PEMBINAAN: Puluhan guru SD dan SMP di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru berfoto bersama dengan pihak puskesmas Rangkapan Jaya usai diberikan pembinaan, di aula kantor kelurahan.

DEPOK – Guna meningkatkan kompetensi guru yang dipercaya memegang jabatan rangkap di Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Kemarin, pihak Puskesmas Kelurahan Rangkapan Jaya (RJB) memberikan pembinaan kepada 45 guru SD dan SMP di wilayah tersebut.

Bertempat di aula kantor Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Jalan Raya Keadilan, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, kegiatan ini merupakan program rutin kerja sama pihak puskesmas dan sekolah dalam enam bulan sekali.

“Enam bulan sekali itu kami ada program penjaringan kesehatan ke sekolah untuk mendeteksi dini anak. Apakah kesehatan mereka bagus atau tidak, itu harus kami cek selalu,” kata Penanggung Jawab Program UKS, Aryocha Fitriansari kepada Radar Depok.

Setelah dilakukan pembinaan, para guru diberikan kuesioner untuk dibagikan kepada guru masing-masing kelas. Hal itu untuk mendeteksia masalah kesehatan yang ada di diri siswa. Siswa yang menjadi sampel pada kegiatan ini yakni kelas I, VII, dan X.

“Kalau untuk kelas II-VI, VIII, dan XI-XII itu beda lagi, namanya pemeriksaan berkala tidak di bulan yang sama dengan pemula,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu guru UKS di SMPN 20 Depok, Wiwi Widya Astuti menuturkan, kegiatan ini sangat membantu dirinya dan pihak sekolah untuk mendeteksi dini kesehatan pada siswa. Selain itu ia juga mengapresiasi kerjasama yang dibangun oleh puskesmas dan sekolah.

“Pengalaman di sekolah saat terjadi sesuatu pada anak kami langsung ke Puskesmas. Pelayanannya pun cepat dan sigap. Kalau ada rujukan pihak puskesmas juga langsung mengambil tindakan. Ini sangat membantu kami (sekolah) dan orang tua,” pungkas Wiwi. (san)