SATRIA/RADAR DEPOK SOSIAL: Tim IEA Depok bersiaga di Jalan Margonda tepatnya diseberang kantor BPJS kesehatan Kota Depok.
SATRIA/RADAR DEPOK
SOSIAL: Tim IEA Depok bersiaga di Jalan Margonda tepatnya diseberang kantor BPJS kesehatan Kota Depok.

DEPOK – Indonesia Escorting Ambulance (IEA) adalah organisasai yang bergerak di bidang sosial. Mereka terkonsen untuk membantu orang-orang yang memang membutuhkan bantuan, seperti pengawalan ambulans dan mobil pemadam kebakaran, agar cepat sampai tujuan.

Koordinator Lapangan IEA Kota Depok, Sebastian Dwiantoro mengatakan, organisasi sepeda motor tersebut dibentuk pada Desember tahun 2017.

“Saya pertama kali lihat IEA itu dari YouTube lalu saya bertanya – tanya dengan IEA pusat yang ada di Jakarta. Kemudian saya bersama teman – teman diberi wewenang untuk memajukan IEA di Kota Depok ini,” kata kepada Radar Depok.

Ia menuturkan, kendaraan darurat seperti ambulans merupakan kendaraan yang harus diberikan prioritas di jalan raya. Mengingat kesadaran masyarakat akan prioritas ambulans dan kendaraan darurat lainnya masih kurang, maka IEA ingin bisa membantu hal tersebut.

“Kami bertugas untuk mengawal, menutup jalur para pengguna terutama saat dipersimpangan jalan serta membuka jalan ambulans,” jelasnya.

Organisasi ini sudah menyebar diseluruh Indonesia, sehingga masyarakat dimanapun ia berada dapat meminta bantuan ke IEA yang sekarang ini sudah memiliki 20 orang anggota dan 25 calon anggota.

Ia juga menjelaskan, IEA bukan sekedar membantu ambulans saja, tetapi melakukan kegiatan sosial lainnya. Seperti mengadakan penggalangan dana ketika terjadi musibah bencana alam.

“Masyarakat di Kota Depok dapat meminta bantuan IEA, dan tidak dipungut biaya. Karena kami berbuat tanpa berharap,” tutupnya. (mg1)