Jabal Tsur dan Jabal Rahmah

In Utama
NASIHUN SYAHRONI FOR RADAR DEPOK
ZIARAH: Penulis, Ustad Nasihun Syahroni (Ketua Rombongan KBIH Arrahmaniyah Kota Depok) bersama rombongan berfoto saat berziarah ke Jabal Tsur, kemarin (30/8).

Laporan: Ust. Nasihun Syahroni

(Ketua Rombongan KBIH Arrahmaniyah Depok)

Pada Kamis (30/8), rombongan jamaah haji KBIH Arrahmaniyah yang masuk dalam Kloter 94 JKS (kloter terakhir Kota Depok) melakukan perjalanan ziarah ke Jabal Tsur dan Jabal Rahmah.

Perlu diketahui, di Jabal Tsur terdapat goa bersejarah bernama Goa Tsur. Goa tersebut adalah tempat Nabiullah Muhammad SAW bersembunyi dalam perjalanan hijrah ke Madinah, karena kejaran dan ancaman kafir qurais.

Di sekitarnya juga dijadikan tempat membagikan harta rampasan perang pasca Fathul Mekah, dimana Rasulullah SAW mengutamakan kaum Muhajirin untuk mendapatkan harta tersebut ketimbang kaum Ansor. Kemudian terjadi protes dari kaum Ansor atas pembagian harta rampasan perang tersebut.

Dan jawaban Rasulullah untuk menenangkan kaum Ansor adalah “Biarkan mereka orang Mekah membawa seluruh harta rampasan perang, tapi kalian cukup membawa aku kembali ke Madinah”. Dengan jawaban tersebut kaum Ansor gembira, karena yang dibawa oleh mereka adalah Rasulullah yang selama ini mereka lebih cintai ketimbang harta dan semacamnya.

Tempat kedua yang dikunjungi rombongan adalah Jabal Rahmah, yaitu sebuah tempat dimana Nabiullah Adam AS dipertemukan dengan Hawa, setelah 200 tahun terpisah sejak diturunkan di muka bumi dari Surga, hanya karena melanggar satu perintah Allah SWT. Yaitu “Jangan engkau dekati pohon ini (dikenal dengan pohon Quldi)”.

Dalam perjalanan panjang pencarian, dua hamba Allah yang terpisah selalu melantunkan permohonan ampun kepada yang Maha Kuasa dengan lafal “Robbana dzulamna anfusana waillam taghfir lana watarhamna lanakunanna minal khosirin”.

Hal tersebut sebuah pengakuan dosa atau kesalahan yang selalu dilantunkan selama 200 tahun, sehingga sampai waktunya dipertemukan kembali dengan Hawa di Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah ini tempatnya sangat berdekatan bahkan satu hamparan dengan Arafah. Dimana pada tanggal 9 Dzulhijjah yang lalu seluruh jamaah dari penjuru dunia berkumpul, dalam rangka melaksanakan Wukuf sebagai puncak ibadah haji.

Tempat berikutnya hanya melintas yaitu Jabal Nur, dimana di puncaknya terdapat Goa Hira. Adalah sebuah tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima tugas kenabian. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Ji’ronah, sebuah tempat yang dapat digunakan untuk Mikot mengawali berpakaian ihram, dan niat ibadah Umrah. Di situlah jamaah memulai berihram untuk umrah, hingga dilaksanakannya Tawaf, Sa’i, dan Tahalul. (gun)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu