REGI/RADAR DEPOK JAGA GENERASI: Kader Posyandu Anggrek memberikan vitamin A pada anak.
REGI/RADAR DEPOK
JAGA GENERASI: Kader Posyandu Anggrek memberikan vitamin A pada anak.

DEPOK – Dalam rangka meneruskan program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, kader Posyandu Anggrek, Kelurahan Jatimulya, Cilodong, melaksanakan pemberian vitamin A pada anak yang rutin dilakukan bulan Agustus.

Selasa (7/8) pagi, kegiatan di Posyandu Anggrek RT01/03, tidak hanya pemberian vitamin A pada anak, tetapi pengukuran tinggi dan berat badan anak.

Hal tersebut sebagai bentuk melanjutkan program Pemerintah Kota Depok menjaga kesehatan pertumbuhan anak–anak mulai dari usia enam bulan hingga lima tahun.

“Hampir 57 anak yang datang. Sejauh ini mulai dari gizi dan kesehatan yang saya lihat, anak–anak di RT01 yang datang alhamdulillah sehat–sehat. Pemberian ini pun tidak hanyak dilaksanakan di posyandu saja, tetapi kita akan datangi ke rumah warga yang memang tidak hadir hari ini,” ujar kader Posyandu Anggrek, Ella.

Pemberian vitamin A dimaksudkan guna memberikan asupan baik bagi anak. Juga meningkatkan daya tahan tubuh anak berumur enam bulan hingga lima tahun.

Vitamin A tidak hanya bermanfaat bagi mata saja, tetapi membantu pertumbuhan tulang, sel, dan jaringan tubuh terutama pada rambut, kuku dan kulit, serta melindungi tubuh dari infeksi.

“Untuk usia enam hingga 11 tahun, maka diberikan vitamin A dengan dosis 100 ribu Internasional Unit (IU) yang ditandai dengan warna biru,” katanya.

Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan 200 ribu IU yang ditandai dengan warna merah. Kegiatan ini juga sebagai bentuk ajakan untuk masyarakat menjaga buah hati mereka dalam mengetahui keadaan gizi anak serta mengetahui berat dan tinggi anak.

Pengukuran tinggi badan anak dan penimbangan anak dilakukan agar dapat mengetahui tingkat kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain itu, juga dapat mencegah segala gangguan pertumbuhan pada anak. “Saat ini kita tidak menemukan indikator anak–anak yang sakit atau pun kurang gizi,” kata Ella. (cr1)