INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK TUKAR KUPON: Seorang warga Cisalak menukarkan kupon dengan sembako di Pasar Murah Cisalak.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
TUKAR KUPON: Seorang warga Cisalak menukarkan kupon dengan sembako di Pasar Murah Cisalak.

DEPOK – Program pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok beberapa waktu lalu dipusatkan di kantor Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya.

Kegiatan tersebut ditujukan bagi 150 warga prasejahtera, yang sebelumnya telah diberikan kupon untuk ditukar sembako.

Lurah Cisalak, Wiyana menyambut positif program tersebut. Menurutnya, pasar murah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

“Program ini memang sangat membantu keluarga yang tergolong Rumah Tangga Sasaran (RTS). Apalagi menjelang Idhuladha, tentu masyarakat sangat membutuhkan sembako,” katanya.

Dikarenakan kuota yang terbatas, kata Wiyana, pihak kelurahan menyeleksi warga prasejahtera melalui Seksi Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas). Dari 13 RW, pihaknya memfokuskan kepada RW 03 sampai RW 08. Sisanya disebar secara merata ke daerah lain.

Sementara itu, staf Seksi Perdagangan Dalam Negeri Disdagin Kota Depok, Teti Umiyarti mengatakan, pasar murah diadakan di 11 titik kelurahan yang ada di setiap kecamatan di Kota Depok.

“Setiap hari ada di tiga lokasi. Seperti Kecamatan Sukmajaya di Cisalak, Kecamatan Cipayung di Kelurahan Pondok Jaya, dan Kecamatan Cilodong di Kelurahan Cilodong,” katanya.

Teti menuturkan, setiap kelurahan mendapatkan 150 paket sembako yang bisa ditebus dengan harga Rp 60 ribu per paket. Warga mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 40 persen, dari harga normal sebesar Rp 100 ribu. Sembako tersebut, imbuhnya, berisi beras premium 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, garam 250 gram, tepung terigu 1 kilogram, dan gula pasir 1 kilogram.

Nuraeni salah seorang warga RT02/06 berterima kasih atas program pasar murah tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, dirinya bisa mendapatkan sembako dengan harga terjangkau. “Semoga kedepan program semacam ini diadakan lebih sering lagi,” harapnya. (dra)