DICKY/RADARDEPOK KEBAKAR: Anggota UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, saat memadamkan lahan kosong yang terbakar di Jalan Kesadaran 4, RT1/2, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Senin (6/8).
DICKY/RADARDEPOK
KEBAKAR: Anggota UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, saat memadamkan lahan kosong yang terbakar di Jalan Kesadaran 4, RT1/2, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Senin (6/8).

DEPOK – UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, disibukkan kembali dengan terbakarnya lahan kosong di Jalan Kesadaran 4, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari. Diduga terbakarnya lahan tersebut dari oknum masyarakat yang membakar sampah dilahan seluas satu hektar tersebut, Senin (6/8).

Anggota UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, Sahlani mengatakan, kebakaran lahan kosong bermula dari laporan yang diterima pihaknya pada Senin (6/8) sekitar pukul 10.30. Sekitar pukul 10.35 pihaknya telah sampai di lahan milik Djony di Jalan Kesadaran 4 RT1/2, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

“Kasusnya seperti kejadian sebelumnya, yakni pembakaran sampah dari oknum masyarakat,” ujar Sahlani kepada Radar Depok.

Sahlani mengungkapkan, dengan menggunakan satu unit mobil pompa 1.000 liter dan satu ranger beserta delapan anggota, pihaknya berusaha memadamkan api dilahan seluas satu hektar. Upaya penanggulangan pemadam api dilaksanakan sejak pukul 11.35 hingga pukul 19.40. Menurutnya, luasnya lahan menyulitkan pemadaman sehingga dibutuhkan waktu ekstra. Apalagi api yang timbul berada didalam sampah sehingga penyemprotan dipusatkan pada titik bara api yang berasal dari sampah.

Sementara itu, Lurah Pondok Petir, Anwar Nasihin menghimbau, masyarakat dilarang untuk tidak membakar sampah sembarangan. Menurutnya, dengan membakar sampah tanpa memiliki rasa tanggung jawab akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Apalagi, membakar sampah dapat menimbulkan polusi udara.

“Kami meminta semua pihak dapat menjaga lingkungan untuk kepentingan bersama,” tutup Anwar. (dic)