INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK DILATIH: Anak–anak sedang memperaktekan cara menggosok gigi yang benar.
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
DILATIH: Anak–anak sedang memperaktekan cara menggosok gigi yang benar.

DEPOK – Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas), Kelurahan Cipas, Cimanggis, ikut memperingati Hari Anak Nasional (HAN) dengan memberikan edukasi seputar menyikat gigi. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Kami mendatangi anak saat berada di sekolah dan menyampaikan informasi cara menyikat gigi dengan benar. Upaya itu dilakukan agar kesehatan mulut anak-anak tetap terjaga,” ucap Kepala Puskesmas Cipas, dr. Naweng.

Saat mengedukasi, pihak puskesmas mengarahkan anak-anak untuk rutin dan rajin menyikat gigi dua kali sehari dan setelah sarapan. Mereka harus sudah mengerti dan memahami teknik sikat gigi yang baik dan benar sejak dini. Dengan begitu, nantinya diharapkan semua anak di Kota Depok dapat terbebas dari penyakit gigi. “Kita harus menanamkan pemahaman tentang kesehatan gigi sejak dini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan, tambah Naweng, pihaknya menggandeng Gugus Tugas Layak Anak Kelurahan Cipas. Selain itu, ucapnya, tidak hanya memberikan edukasi sikat gigi yang benar, Puskesmas Cipas juga mensosialisasikan kepada orangtua terkait pola asuh yang baik terhadap anak.

“Kegiatan ini juga berkaitan dengan program Kota Layak Anak,” katanya. (dra)