PEBRI/RADAR DEPOK PRESTASI: Kepala SDN Kramat Beji, Nuryani bersama dengan guru-gurunya dengan memegang penghargaan Raksa Prasada kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan
PEBRI/RADAR DEPOK
PRESTASI: Kepala SDN Kramat Beji, Nuryani bersama dengan guru-gurunya dengan memegang penghargaan Raksa Prasada kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan

DEPOK – SDN Kramat Beji yang berlokasi di Jalan Kemiri Jaya, No.39A, Kecamatan Beji berhasil menjadi salah satu dari 20 sekolah di Kota Depok yang mendapatakan penghargaan Raksa Prasada kategori Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat 2018. Ini adalah sebuah penghargaan untuk SDN yang luas areanya mencapai 1.312 meter tersebut.

Kepala SDN Kramat Beji, Nuryani mengatakan, prestasi yang berhasil diraih sekolahnya bukan hanya perjuangan diera kepemimpinannya, tetapi ini adalah rentetan dari beberapa kepala SDN Kramat Beji sebelumnya yang memang terus mengembangkan penghijauan.

“Tidak hanya itu saja, peran dari guru-guru sangat penting untuk menciptakan siswa yang cinta terhadap lingkungan juga sangat penting,” ucapnya kepada Radar Depok.

Raihan prestasi yang diperoleh SDN yang memiliki 297 siswa tersebut, bukan serta merta datang begitu saja, tetapi dengan membuat penghijauan di sekolah membutuhkan proses yang tidak sebentar. Musalnya membuat taman tiga di area sekolah, jadi memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong di sekolah untuk penghijauan.

“Bukan hanya tentang bagaimana menjadikan sekolah asri dengan penghijauan, tetapi juga pembentukan karakter siswa yang sangat penting,” terangnya.

Oleh karena itu, pembinaan karakter yang memang berdasarkan pada lingkungan. Salah satunya adalah jajanan di sekolah dengan menggunakan piring. Jadi, tidak memproduksi sampah-sampah atau barang yang sekali pakai buang.

“Siswa juga diajak untuk membawa tempat minum sendiri dari rumah, jadi mereka membeli minuman di kantin, tetapi wadahnya adalah tempat minuman yang mereka bawa,” tuturnya. (peb)