IST /RADAR DEPOK PRESTASI : Pemain Timnas U-13 Naufal Ardian meraih prestasi.
IST /RADAR DEPOK
PRESTASI : Pemain Timnas U-13 Naufal Ardian meraih prestasi.

MESKI Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-13 belum merasakan juara di tingkat internasional, khususnya juara satu. Naufal Ardian selain fokus di timnas juga menyiapkan sepakbola profesionalnya di liga Indonesia.  

Laporan : MUHAMMAD IRWAN SUPRIYADI

SIAPA yang bersunguh-sungguh akan menuai hasilnya. Itu lah pepatah bangsa Arab yang sering didengar di kalangan masyarakat. Pepatah itu kini sudah dirasakan Naufal Ardian, yang serius bergelut di dunia sepakbola sejak usia 6 tahun atau masuk sekolah dasar (SD).

Meski umurnya baru menginjak 13 tahun sudah merasakan kostum Garuda Indonesia U-13, dan terbaru bisa lolos di Akademik Persatuan Sepakbola Bandung (Persib). “Aku sudah jalani tes seleksi untuk masuk Akademis Persib. Alhamdulillah lolos, ini berkat doa orangtua dan kakek yang selalu dukung aku,” kata Naufal yang didampingi kakeknya, Jaenuddin Suen.

Kendati demikian, Naufal kini belum masuk karena masih menjalankan latihan dan masih sekolah di SMP negeri di kawasan Kecamatan Sawangan. “Kalau sudah kelas 3 SMP, aku pindah ke Bandung untuk fokus sepakbola Akademik Persib,” terang Naufal.

Masuk di akademik Persib Bandung awalnya dipantau oleh tim saat bertanding membela Timnas U-13. Setelah masuk Persib, Naufal akan terus berlatih dan menjaga pola makan. “Aku punya harapan bisa bermain di club Barcelona,” tutur asli warga Sugu Tamu, Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya ini.

Naufal mendapatkan pesan dari sang Ayah, Nurul Taufik bahwa menjadi pemain propesional harus disiplin dan berlatih secara teratur. Terutama kata dia, pergaulan yang harus dijaga untuk masa depan yang lebih cerah. “Pesan orang tua pergaulan tetap dijaga, termasuk pola makan, fisik, dan tidur secara teratur,” bebernya. (bersambung)