AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK BERBAGAI MACAM JENIS : Suasana Mall Hewan Kurban milik H. Doni dengan jenis sapi kurban yang berbagai macam di kawasan Kelapa Dua, Cimanggis, kemarin.
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERBAGAI MACAM JENIS : Suasana Mall Hewan Kurban milik H. Doni dengan jenis sapi kurban yang berbagai macam di kawasan Kelapa Dua, Cimanggis, kemarin.

DEPOK – Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang bergelimangan dengan SPG cantik, dalam menawarkan hewan kurbannya. Mall Hewan Qurban H Doni di Jalan M Jasin, Cimanggis tetap tidak menurunkan  kualitas terbaik. Program terbarunya malah bisa mencicil pembelian hewan kurban sampai dengan H-3 Idul Adha 1429 Hijriah.

Pemilik Mall Hewan Qurban, H Romdoni mengaku, selalu memilih dan melihat sendiri sapi dari daerah asalnya sebelum di pasarkan di Mall Hewan Qurban miliknya. Setiap tahun selalu mengubah konsep pemasaran, meski sebelumnya sempat menggunakan SPG untuk memasarkan hewan kurban. Tahun tidak seperti itu. “ Tapi saya mempertahankan kualitas hewan kurban, itu adalah komitmen kami,” kata H Doni -sapaanya- di Mall Hewan Qurban kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Menurutnya, hewan kurban sapi dengan berbagai ukuran tersedia dengan kebutuhan masyarakat di sini. Ada empat tipe hewan kurban yang dijual di Mall Hewan Qurban, Middle dengan harga Rp14 juta hingga Rp17 juta, Middle up dengan harga Rp 18 juta sampai Rp 30 juta. Selain itu, dia juga menyediakan dengan ukuran premium dengan harga Rp31 juta sampai Rp 70 juta. Dia juga menyediakan sapi dengan ukuran eksekutif dengan harga yang bisa disesuaikan. “Kalau eksekutif bisa pesan dulu, nanti baru kami siapkan,” katanya.

Saat ini, kata dia yang paling banyak diburu pembeli dengan ukuran middle menyesuaikan  keuangan pembeli. “Tahun ini yang paling banyak diburu adalah sapi dengan ukuran middle, karena sepertinya daya beli masyarakat sedang menurun,” terangnnya.

Sejak awal buka lapak, pihaknya sudah mengeluarkan sekitar 500 ekor sapi. Untuk membeli hewan kurban dirinya memberikan tips agar pembeli lebih teliti untuk membeli hewan kurban. Jika ingin membeli hewan kurban sebaiknya perhatikan tempatnya, dan kualitas sapinya. Belum lagi, harus teliti untuk menanyakan kesehatan sapi, karena biasanya sebelum dijual dinas terkait akan memeriksa sapi yang akan dijual.

H Doni menyebutkan,  disini memperbolehkan untuk mencicil pembelian sapi hingga H-3 hari Raya Idul Adha. Kalau buat DP-nya tergantung harga sapi yang dibeli. “Nanti sapinya ditaruh di tempat saya sebelum diantar ke Masjid. Nanti peluanasan bisa sampai H-3 Idul Adha,” jelasnya.

Uang muka dan waktu peluanasan itu dapat lebih longgar bila pembeli termasuk pelanggan tetap Doni. Bila merasa dapat mempercayai pelanggannya, ia memperbolehkan sapinya dibeli tanpa uang muka dan baru dibayar lunas pada H+2 hari raya Idul Adha.

Menurutnya, kepercayaan lebih sulit di dapat dan lebih mahal dibanding keuntungan yang didapatnya. “Saya bisa seperti sekarang karena banyak yang percaya sama saya. Saya punya teman semua peternak sapi di Indonesia. Karena mereka percaya sama saya makanya mereka mau jual sapi mereka. Kepercayaan itu harganya mahal,” pungkas Doni. (rub)