TIM PEDULI UI FOR RADAR DEPOK PEDULI: Tim Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim UI Peduli berangkat ke lokasi bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kemarin (7/8).
TIM PEDULI UI FOR RADAR DEPOK
PEDULI: Tim Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim UI Peduli berangkat ke lokasi bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kemarin (7/8).

DEPOK – Pascagempa melanda Lombok Nusa Tenggara Barat, Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tujuh orang relawan yang tergabung dalam Tim Bantuan UI Peduli. Salah satu tim pertama yang diberangkatkan adalah dari Resimen Mahasiswa (Menwa) UI, Selasa (7/8).

Tim tersebut ada di dalam koordinasi Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI, guna membantu pelayanan medis dan bergabung bersama Tim Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Lombok.

Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan, Menwa merupakan salah satu unsur keanggotaan Tim UI Peduli. Terdiri dari Dokter, Mahasiswa, dan Dosen. Di sana mereka akan melaksanakan proses Rapid Assessment (penilaian cepat). Proses pemetaan suatu permasalahan di daerah melalui proses survei lapangan, wawancara, dan angket yang nantinya akan menjadi dasar perencanaan jangka menengah dan panjang.

“Tentu juga hasilnya dapat dijadikan landasan untuk tim berikutnya di dalam menyiapkan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana,” katanya.

Rifelly menambahkan, Tim UI Peduli merupakan sebuah gerakan pengabdian masyarakat dari UI yang bertujuan membantu penyelesaian permasalahan masyarakat melalui aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.

“Program ini sudah berjalan sejak 2011, dan telah menurunkan timnya ke berbagai daerah bencana di Indonesia seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun bencana meletusnya gunung berapi di Bali,” pungkasnya.

Selain Menwa, lanjut Rifelly, tim lebih besar akan berangkat Jumat (10/8) mendatang. Namun, untuk jumlah pastinya, dia belum bisa memberikan keterangan. “Tim UI Peduli terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Ikatan Alumni UI (ILUNI), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UI, DPRPM UI, dan lain-lain,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur DPRPM UI, Heri Hermansyah mengatakan, pengerahan Tim UI Peduli ke lapangan merupakan respon cepat dari pihak kampus terhadap bencana di Lombok. Sebagaimana diketahui bencana tersebut sudah memakan korban jiwa.

Saat tiba disana, tim akan berkonsentrasi di dua klaster, yaitu Klaster Kesehatan terkait dengan pelayanan medis, dan Klaster Pengungsian dan Perlindungan terkait dengan sanitasi dan air bersih. Serta layanan psikososial dan identifikasi bangunan yang masih berdiri.

“UI Peduli mengirimkan dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam serta tim Resimen Mahasiswa (Menwa) UI dengan kualifikasi siap untuk fase tanggap darurat,” ujar Heri.

Selain itu, Dosen Fakultas Teknik UI, Chairul Hudaya juga memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis). Tabung tersebut merupakan hasil dari inovasi penelitiannya, yang digunakan membantu distribusi listrik ke daerah-daerah bencana di Lombok.

“Dengan alat ini distribusi listrik dapat dilakukan dengan mudah tanpa bergantung dari kabel dan transmisi pembangkit tenaga listrik,” ungkap Heri. (san)