Usai Nafar Awal Lanjut Tawaf Ifadah

In Utama
Ust. Nasihun Syahroni, Ketua Rombongan KBIH Arrahmaniyah.

Laporan: Ust. Nasihun Syahroni

(Ketua Rombongan KBIH Arrahmaniyah Depok)

Perjalanan ibadah haji yang dilakukan para jamaah asal Kota Depok masih terus berlangsung hingga Kamis (23/8). Saya yang tergabung di dalam Kloter JKS 94 (kloter terakhir Kota Depok, bersama jamaah lainnya yang mengambil Nafar Awal telah merampungkan Jumrahnya. Dan saat ini sudah berada di hotel kembali di Mekah.

Prosesi rangkaian ibadah haji hampir seluruhnya terlaksana, tinggal para jamaah melaksanakan Tawaf Ifadah. Tawaf Ifadah ini boleh dilaksanakan beberapa hari ke depan. Kloter kita sepakat untuk melaksanakan Tawaf Ifadah ini dalam tiga hari ke depan, untuk memberi kesempatan kepada para jamaah lain yang waktu tinggalnya di Mekah sudah hampir berakhir, terutama bagi jamaah Kloter 2 awal.

Kami di Mekah masih sekitar 20 harian lagi, dilanjut ke Madinah untuk ziarah ke makam Rasulullah SAW dan ke Masjid Nabawi. Di Madinah sekitar sembilan hari, dalam jadwal pada 24 September 2018 kami akan kembali ke tanh air.

Saat ini sebagian besar istirahat terlebih dahulu dalam tiga hari ini, kemudian akan melanjutkan Tawaf Ifadah. Meski begitu, ada sekitar 79 jamaah masih tinggal di Mina untuk mengambil Nafar Tsani, yaitu melakukan Jumrah sekali lagi yang akan dilaksanakan besok pagi, Jumat (24/8).

Pergerakan jamaah haji akan memasuki fase akhir dari tahapan Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Para jamaah haji yang mengambil Nafar Awal mulai bergerak dari Mina ke pusat kota Mekah. Jamaah cukup terbantu oleh fasilitas yang disediakan Naqobah alias organisasi transportasi yang menaungi seluruh bus yang ada di Arab Saudi.

Sekitar pukul 16.00 waktu Arab Saudi, jamaah diantar ke hotelnya masing-masing. Selanjutnya secara berangsur jamaah akan dibawa ke Masjidil Haram untuk Tawaf Ifadhah dan Sai. Nafar, dari segi bahasa artinya rombongan. Sedangkan menurut istilah adalah keberangkatan jamaah haji meninggalkan Mina pada hari-hari Tasyrik. Nafar terbagi dua bagian yakni Nafar Awal dan Nafar Tsani.

Nafar awal adalah keberangkatan jamaah haji meninggalkan Mina lebih awal, paling lambat sebelum terbenam matahari tanggal 12 Zulhijjah. Sedangkan Nafar Tsani (Nafar Akhir) adalah keberangkatan jamaah haji meninggalkan Mina pada tanggal 13 Zulhijjah setelah melontar Jumrah Ula, Wustha dan Aqobah.

Untuk jemaah haji yang mengambil Nafar Tsani, akan diberangkatkan dari Mina ke Mekah pada Jumat (24/8) pukul 07.00 sampai 16.00. (gun)

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu