IMMAWAN/RADAR DEPOK SEMANGAT: Atlet Arung Jeram Kota Depok terus berlatih demi merebut medali di Porda Jawa Barat 2018, di Kabupaten Bogor, Oktober 2018.
yamaha-nmax
IMMAWAN/RADAR DEPOK
SEMANGAT: Atlet Arung Jeram Kota Depok terus berlatih demi merebut medali di Porda Jawa Barat 2018, di Kabupaten Bogor, Oktober 2018.

DEPOK – Tim Arung Jeram dibawah naungan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Depok, berencana melakukan pemusatan latihan. Lokasi yang dipilih di venue Porda 2018, Sungai Citarik, Kabupaten Bogor pertengahan September 2018.

Ketua Harian FAJI Kota Depok, Hidayat mengungkapkan, langkah tersebut diambil dalam rangka memaksimalkan persiapan mengadapi pelaksanaan Porda 2018 yang tinggal hitungan minggu.

“Kami berniat membiasakan atlet mengarungi lintasan lomba,” ujar Dayat-sapaannya, kepada Harian Radar Depok, Jumat (7/9).

Dayat menjelaskan, saat ini, timnya tengah melakukan pemusatan latihan di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi terhitung sejak pertengahan Juni 2018.

“Disini, kami menjalankan program latihan yang fokus meningkatkan kecepatan dan ketahanan atlet,” ujarnya.

Baca Juga  Dayung Depok Lolos Final

Pelatih tim arung jeram Kota Depok, Iwan kurniawan menambahkan, pihaknya telah menyiapkan program latihan yang terencana dan sistemastis demi menghadpai Porda 2018.

Pada program latihan tersebut, persiapan dibagi kedalam tiga periode dengan durasi satu bulan untuk masing-masing periode.

“Untuk dua bulan pertama, kami fokus ke penguatan fisik dan tehnik. Disisa satu bulan terakhir, kami mengurangi porsi latihan fisik dan meningkatkan latihan tehnik dan taktik,” terang Iwan.

Menurut Iwan, latihan teknik dan taktik dimaksudkan untuk membekali atlet pengetahuan dan opsi-opsi langkah yang dapat mereka ambil tergantung pada situasi pertandingan.

”Misalnya, kami ingin atlet tahu harus apa ketika mereka mengalami head to head di depan atau dibelakang,” imbuhnya.

Baca Juga  GOR Kesang Wadahi 3 Cabor

Menurut dia, persiapan timnya telah mencapai 75%. Untuk melengkapi persiapan, dia hanya mengimbau agar atletnya dapat menjalani program latihan dengan konsisten.

”Jalani latihan sesuai program, disiplin dan lebih fokus,” kata Iwan.

Meskipun Porda 2018 adalah paritipasi pertama tim arung jeram Kota Depok, Iwan yakin atlet binaannya dapat membawa pulang, paling tidak, satu medali emas.

”Dengan begitu, semoga arung jeram dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat, serta memberikan prestasi untuk Kota Depok,” pungkasnya.(mg2)