DICKY/RADARDEPOK BERSIHKAN: Ketua RW3, Aceng Ma’sum (kanan) saat membersihkan sampah didalam saluran RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
BERSIHKAN: Ketua RW3, Aceng Ma’sum (kanan) saat membersihkan sampah didalam saluran RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Hujan deras beberapa waktu lalu yang mengguyur wilayah Kota Depok khususnya Kelurahan Duren Mekar (Dumek), Kecamatan Bojongsari, menyisakan pekerjaan rumah tentang lingkungan. Pasalnya, sampah yang terbawa air saluran, mengalami penumpukan di saluran RW3 kelurahan setempat, kemarin.

Ketua RW3, Aceng Masum mengatakan, banyaknya sampah yang menumpuk disaluran lingkungan RW3, tepatnya yang berbatasan dengan Sandi Negara, merupakan sampah yang terbawa aliran air dari hulu menuju hilir. Akibatnya, sampah tersebut menumpuk dibagian hilir.

“Kami sudah melakukan pengangkatan untuk memperlancar aliran air didalam saluran,” ujar Aceng kepada Radar Depok, kemarin.

Aceng menjelaskan, sampah yang terbawa arus air merupakan sampah rumah tangga dan dedaunan. Dia minilai, pasca hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu membuat meningkatnya intensitas volume air, sehingga menghayutkan sampah tersebut. Pihaknya telah mengajak masyarakat untuk melakukan pembersihan dan pengangkatan sampah.

Tidak hanya itu, lanjut Aceng pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, namun pengangkatannya belum maksimal. Untuk itu, dia berharap DLHK Kota Depok dapat kembali membantu lingkungan RW3 untuk melakukan pengangkatan sampah saluran RW3, untuk mencegah penumpukan sampah.

“Kami tidak ingin sampah terus menumpuk sehingga mengganggu kelancaran jalannya air didalam saluran,” tutup Aceng. (dic)