Creative Center Sangat Mungkin Diwujudkan di Depok

In Politika
Rahmawati Dzaelani, Founder IT Cermat

DEPOK – Creative Center atau pusat kegiatan kreatif menjadi salah satu ‘gebrakan’ Gubernur Jawa Barat baru, Ridwan Kamil yang akan dibangun di Depok, Jawa Barat. Hal ini tentu kabar yang menggembirakan bagi warga Depok.

“Ya, bukan rahasia apabila Depok memiliki potensi besar dalam industri kreatif. Pada 2015 saja, sumbangan industri kreatif di Kota Depok untuk Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sudah mencapai 11 persen,” tutur Founder IT Cerdas, Mandiri dan Bermanfaat (Cermat) Rahmawati Dzaelani.

Berbagai faktor memang menunjang pengembangan industri kreatif di Depok. Rahmawati melanjutkan, keberadaan kampus-kampus seperti Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma yang memiliki ‘segudang’ kaum muda kreatif adalah salah satu faktornya.

Maka rencana Gubernur tersebut sangat brilian. Dan sebagai saran, hendaknya, pusat kreatif nanti berupa gedung yang didalamnya berisi ruang-ruang tempat memproduksi kreativitas. Ruang-ruang itu bisa berupa studio tari, galeri fashion, perpustakaan, galeri, museum kreatif, amfiteater, musik ICT, kelas-kelas pelatihan hingga toko yang menampilkan beragam produk buah kreativitas warga Depok.

“Dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan berperan aktif memasarkan produk-produk tersebut,” katanya.

Jadi intinya, sambung Politisi PDI Perjuangan itu, pusat kreatif ini akan menjadi wadah yang ideal bagi para pelaku dan komunitas kreatif di Kota Depok untuk menuangkan kreativitasnya. Melalui pusat kreatif ini, diharapkan akan muncul para kreator-kreator muda dengan buah kreasi yang gemilang, seperti developer game, desainer ulung, pebisnis online terampil hingga pendiri-pendiri startup baru.

“Sebenarnya, di Depok sudah didirikan pusat kreatif digital oleh Pemerintah Pusat pada 2014. Dan alangkah baiknya apabila rencana Gubernur itu disinergikan dengan program pemerintah pusat tersebut,” paparnya.

Menurutnya, rencana Gubernur Ridwan Kamil tersebut sangat mungkin diwujudkan. Sebab, Ridwan Kamil memang sudah membangun Creative Center ketika memimpin Kota Bandung. Sehingga mewujudkan hal serupa di Depok bukanlah suatu hal yang mustahil.

Rencananya, pusat kreatif itu akan mulai digarap pada tahun depan. Di tahun ini,pengembangan pusat kreatif tersebut baru dalam tahap perancangan. Untuk sumber dana, Ridwan Kamil pun menyatakan kemungkinan besar tak hanya mengandalkan APBD.

“Pembangunan pusat kreatif ini harus didukung oleh warga dan Pemkot Depok. Sebab hal ini merupakan wujud kepedulian pemprov pada besarnya potensi industri kreatif di Depok,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu