DICKY/RADARDEPOK TUMBANG: Sejumlah pohon pisang tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Jalan Mandor Tajir, Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY/RADARDEPOK
TUMBANG: Sejumlah pohon pisang tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Jalan Mandor Tajir, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (2/9), mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Bojongsari, meminta masyarkat melakukan pemangkasan pohon.

Anggota Tagana Kecamatan Bojongsari, Deden Taryana mengatakan, peristiwa pohon tumbang merupakan efek dari angin kencang dan hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Bojongsari. Dia mencatat, puluhan pohon tumbang terjadi di Kecamatan Bojongsari namun tidak menimbulkan korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan hanya puluhan pohon pisang milik petani dari berbagai wilayah,” ujar Deden kepada Radar Depok, kemarin.

Deden menjelaskan, untuk mencegah terjadinya pohon tumbang yang berakibat fatal kepada masyarakat, dia meminta masyarakat untuk melakukan pemangkasan terhadap dahan pohon yang dianggap memiliki resiko. Menurutnya, mencegah merupakan jalan terbaik sebelum peristiwa pohon tumbang menimpa rumah maupun hal lainnya.

Sementara itu, Ketua RT2/7 Kelurahan Curug, Andi menuturkan, angin kencang disertai hujan deras merobohkan sebuah pohon ceri dilingkungannya. Namun, tubangnya pohon tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materi yang berarti. Dia telah meminta kepada masyarakat untuk dapat bersifat kooperatif untuk tidak segan, melakukan pemangkasan pohon apabila sudah dianggap berpotensi membahayakan.

“Sudah kami arahkan untuk melakukan pemangkasan terhadap pohon yang dinilai berpotensi,” tutup Andi. (dic)