Mahfudin Abe, Tokoh Muda Kecamatan Sawangan
Mahfudin Abe, Tokoh Masyarakat Kelurahan Bedahan

DEPOK – Banyak manfaat dan hikmah yang dapat diambil dalam menjalin dan menjaga silaturahmi. Karenanya, tokoh masyarakat Kelurahan Bedahan, Mahfudin Abe selalu menjalin dan meningkatkan tali silaturahmi di lingkungan.

Menurut kader PDI Perjuangan Kota Depok ini, menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu tanda ketakwaan seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

“Allah bahkan menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya, khususnya dengan orang tua dan kerabat. Keberkahan hidup yang dilimpahkan Allah tidak hanya dalam hal rezeki, namun juga keberkahan dalam usia dan hubungan baik yang penuh kasih. Di samping itu, tentunya masih banyak hikmah dan manfaat silaturahmi yang dapat kita petik,” tutur Abe -Sapaannya-.

Abe menguraikan, silaturahmi mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kata Abe, menyambung tali silaturahmi merupakan salah satu bentuk kecintaan dan ketakwaan seorang hamba. “Silaturahmi juga sebagai tanda keimanan,” terangnya.

Kemudian, silaturahmi mampu memperluas rejeki seseorang. Menurut Abe, silaturahmi mempermudah kita untuk membantu kerabat atau anggota keluarga jika suatu saat ada salah satu dari mereka yang membutuhkan bantuan. Membantu keluarga yang sedang kesulitan dapat kita anggap sebagai sedekah. Allah SWT pun menjanjikan kemudahan dan pahala bagi siapa saja yang mampu memperpanjang tali silaturahmi dan memudahkan urusan saudaranya.

Selain itu, setiap muslim yang membantu urusan keluarganya tidak hanya mendapatkan pahala sedekah, namun Allah pun akan melimpahkan pahala silaturahmi kepadanya. Bahkan, bersedekah kepada anggota keluarga lebih diutamakan dibanding bersedekah untuk fakir miskin.

“Sebagaimana diungkapkan dalam sabda Rasulullah, sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi,” terang Abe.

Abe menambahkan, silaturahmi tidak hanya memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi pelakunya. Para kerabat dan keluarga yang dikunjungi pun tidak luput dari rasa bahagia ketika mendapati bahwa keluarganya masih peduli dan memegang teguh rasa persaudaraan. Sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim wajib menjalankan perintah Allah untuk selalu menjaga dan memperpanjang tali silaturahmi dengan sesama.

“Selain dapat merasakan manfaat silaturahmi yang akan menambah amal baik dan pahala, kita juga dapat meringankan beban anggota keluarga dengan bersedekah,” pungkas Abe. (cky)