INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK MEMBELUDAK: Sampah tampak memenuhi seluruh badan Kali Citata, Kecamatan Tapos.
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
MEMBELUDAK: Sampah tampak memenuhi seluruh badan Kali Citata, Kecamatan Tapos.

DEPOK – Tumpukan sampah masih saja terlihat di Kali Citata, yang mengaliri wilayah RW3, 4, 5, 6, 7 dan RW8, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Berdasarkan pantauan Radar Depok, sampah yang menggenang di kali tersebut, didominasi plastik dan sampah residue lainnya.

Lurah Cimpaeun, Dadang Ruhiyat tidak menampik keberadaan sampah yang sangat banyak di Kali Citata yang berada di wilayahnya tersebut. Dia bahkan mengaku kewalahan dengan keberadaan sampah yang selalu muncul, walau sudah acap kali dilakukan pembersihan.

“Itu sampah sudah sering kami bersihkan bersama dengan masyarakat dan Satgas Banjir Kota Depok. Tapi masih terus ada. Bahkan kalau sudah banjir pasti sampahnya akan lebih banyak lagi,” kata Dadang.

Dia menuding sampah tersebut bersumber dari hulu Kali Citata yang berada di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor. Dan ditambah sumbangsih dari pembuang sampah liar yang melintas di Jalan Raya Tapos.

Karena Dadang sudah pernah melakukan pengamatan, jika sedang hujan deras dan banjir, Kali Citata akan dialiri material sampah yang hanyut dari arah Cibinong.

“Sampah di Kali Citata bukan hanya ulah perorangan yang lewat lalu membuang sampahnya. Tapi, kalau kami lihat pas banjir pasti air kalinya membawa material sampah yang banyak,” katanya.

Dadang ingin Kali Citata dipasangi jaring. Supaya sampah bisa tertahan sehingga mudah dibersihkan.

“Kalau boleh sih dipasangi jaring saja di perbatasan antara Kecamatan Tapos dengan Cibinong. Agar sampah bisa tertahan di sana dan tidak mengalir serta menumpuk di wilayah kami. Tentunya hal tersebut memerlukan kerja sama antara Pemkot Depok dan Pemkab Bogor,” kata Dadang. (dra)