REGI/RADAR DEPOK JOROK: Kali Palahyangan Kampung Utan, wilayah RW07 Perumahan Permata Depok, dipenuhi limbah plastik berbagai jenis.
REGI/RADAR DEPOK
JOROK: Kali Palahyangan Kampung Utan, wilayah RW07 Perumahan Permata Depok, dipenuhi limbah plastik berbagai jenis.

DEPOK – Asri, tidak bisa lagi dicanangkan pada lingkungan yang dipenuhi sampah. Bahkan, sampah plastik berbagai jenis mangkir di satu titik. Seperti yang terjadi pada Kali Palahyangan wilayah RW07, Kelurahan Pondok Jaya, Cipayung.

“Iya, banyak sampah dan mampet di situ. Masuk wilayah saya,” kata Ketua RW07 Perumahan Permata Depok, La Ode M. Saprianton.

Air sungai kerap meluap. Ketinggian air terlihat tak seperti biasa. “Kalau musim hujan selalu meluap,” katanya.

Pemandangan tak nikmat itu terjadi selama 14 hari. Asal sampah-sampah tersebut diduga dari Kampung Panjang Bogor, yang kemudian terkumpul di Kampung Utan. “Itu sampah kiriman dari sana (Kampung Panjang Bogor, red) yang mampet di sini,” tutur Anton.

Lingkungan sungai mulai tak sedap membuat salah seorang warga, Odong turun ke sungai guna memperlancar aliran air. Berdasarkan inisiatif, Odong memisahkan jenis sampah yang ada di kali.

Melihat aksi Odong, Anton mengatakan menjadi suatu bentuk kepedulian warga pada lingkungan.

“Dia (Odong, red) turun atas arahan warga Permata. Saya kalau melihat orang yang peduli seperti itu langsung inisiatif memberikan sedikit rejeki,” katanya. (cr1)