Kampanye 660 Caleg Dimulai Minggu

In Utama

DEPOK – Pada rapat pleno tertutup yang digelar di Kantor KPU Kota Depok, Jalan Raya Kartini Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (20/9) KPU Kota Depok menetapkan 660 Calon Anggota Legislatif (Caleg) masuk Daftar Calon Tetap (DCT). Jumlah tersebut sama dengan Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah ditetapkan alias tidak ada perubahan.

Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi menjelaskan, dalam DCT tidak ada perubahan nomor urut maupun pencoretan kepada caleg. Yang ada hanya sekedar revisi penambahan nama, gelar, maupun pergantian huruf besar maupun kecil caleg.

“Tidak ada perubahan nomor urut maupun yang dicoret namanya. Paling membenarkan nama gelar huruf besar dan kecil, dan menambahkan gelar haji peserta caleg, Melalui rapat pleno yang dilakukan secara tertutup, kami menetapkan DCT dan besok (hari ini-red) akan kita umumkan di media massa,” kata Nurhadi kepada Radar Depok, Kamis (20/9).

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Depok ini menguraikan, jumlah caleg DPRD Kota Depok sendiri, ada 660 orang, dengan rincian 397 caleg laki-laki dan 263 peserta perempuan. Persentasenya sendiri adalah 60,5 persen caleg laki-laki dan 39,5 persen caleg perempuan. “Jumlah caleg dalam DCT 660 peserta, artinya tidak berbeda saat caleg masih bersatus DCS,” urainya.

Sebelum dilakukan penetapan DCT, lanjut Nurhadi, KPU Depok sudah mengundang dari tiap parpol untuk menunjukan rancangan DCT Calegnya. Pada kesempatan itu, KPU Depok mendengarkan masukan dari parpol terkait rancangan DCT. “Parpol sebelumnya sudah menyetujui dan menandatangani rancangan DCT. Karena itu, kami hanya melakukan rapat internal untuk menetapkan DCT,” terangnya.

Nurhadi menambahkan selepas penetapan DCT ini, para Bacaleg kini resmi menjadi Caleg. Kemudian, tahapan kampanye sendiri akan dimulai pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Masa itu adalah masa kampanye yang mana di dalamnya ada 21 hari masa kampanye melalui media massa baik cetak maupun elektronik.

“Saya ingin mengingatkan kepada para peserta pemilu agar menaati jadwal dan regulasi kampanye. Untuk iklan di media massa cetak dan elektronik sendiri nantinya akan dibiayai oleh negara. Jadi iklan ada yang difasilitasi KPU. Misalnya ada penambahan alat peraga kampanye (apk), kita persilahkan untuk disampaikan ke KPU Depok terlebih dahulu,” tandasnya.

Sementara, Bawaslu Kota Depok, Andriansyah mengatakan pihaknya sudah menerima draft DCT. Selama proses penetapan DCT sendiri, sejauh ini tidak permasalahan yang serius dan tanggapan dari masyarakat. Hanya ada kesalahan penulisan nama atau gelar saja. “Kita memang mengawal berjalannya proses penetapan DCT ini. Sejauh ini yang kita temukan hanya kesalahan nama ataupun gelar. Untuk yang lain tidak ada,” kata Andriansyah.

Andriansyah mengimbau kepada para caleg agar menaati aturan yang telah ditetapkan. Bahkan, pihaknya telah mengintruksikan kepada Parpol agar melakukan penertiban terhadap APK yang telah dipasang. “Bawaslu juga meminta kepada para Caleg agar melakukan kampanye sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah bersurat ke Parpol untuk mencopot APK dan ucapan hal-hal apapun sampai menjelang kampanye di mulai, selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP, Dishub dan lainnya untuk pencopotan tersebut.

“Nanti kan ada APK resmi yang di fasilitasi KPU dan bisa membuat juga, tapi harus dikonfirmasi ke KPU terkait pencetakan dan pemasangan. Itu akan dirapatkan lebih lanjut ke Kesbangpol dan Satpol PP,” tandasnya.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana menambahkan, kendati KPU Kota Depok telah menetapkan DCT. Namun, pihaknya memiliki fasilitas sengketa jika ada Parpol yang tidak terima dengan hasil penetapan DCT. “Waktunya tiga hari dari Jumat 21-23 September kedepan,” ucap Dede singkat. (cky)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu