IRWAN/RADAR DEPOK TEKUN: Ratusan karateka cilik Dojo Gokasi Depok kembali mengikuti pelatihan bela negara di markas Bataliyon Perhubungan Angkatan Darat, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Minggu (2/9).
IRWAN/RADAR DEPOK
TEKUN: Ratusan karateka cilik Dojo Gokasi Depok kembali mengikuti pelatihan bela negara di markas Bataliyon Perhubungan Angkatan Darat, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Minggu (2/9).

DEPOK – Ratusan karateka cilik Dojo Gokasi Depok kembali mengikuti pelatihan bela negara di markas Bataliyon Perhubungan Angkatan Darat, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Minggu (2/9). Kegiatan yang bertajuk semangat nasionalisme itu adalah salah satu program wajib di perguruan karate tersebut.

Ketua DPC Gokasi Depok, Agus Rismanto menyatakan, program bela negara merupakan agenda rutin yang sengaja diadakan untuk memupuk semangat nasionalisme para calon atlit atau murid karate Gokasi.

“Kami menilai ini penting, karena selain menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, kami ingin para atlit atau peserta didik Gokasi memiliki jiwa patriot. Jiwa yang tak mudah menyerah dan selalu membanggakan NKRI,” katanya.

Dalam pelatihan bela negara, para peserta digembleng tata cara baris-berbaris, kekompakan dalam tim, kedisplinan hingga melewati rintangan yang disaksikan langsung oleh pelatih profesional.

“Tentu kami berharap para calon atlet ini tidak hanya menguasai teknik karate, namun juga memiliki bekal jiwa nasionalisme. Ini penting, agar kelak mereka bisa menjadi generasi bangsa yang tidak hanya kaya akan prestasi tapi juga mencintai bangsanya,” kata salah satu pelatih senior Gokasi Depok, Sensei Sentioko

Sementara itu, sejumlah orang tua peserta mengaku bersyukur dengan adanya program bela negara. Mereka menilai kegiatan tersebut sangat positif karena selain melatih mental juga melatih kedisiplinan si buah hati.

“Ini bagus ya, apalagi diadakannya di alam terbuka seperti ini. Anak-anak juga kayaknya pada senang banget. Ya kami sih berharap kegiatan ini bisa terus berjalan,” kata Arul salah satu orang tua peserta.

Dalam waktu dekat sejumlah karateka dari Gokasi Depok akan mengikuti sederet pertandingan bergengsi. Di antaranya Dandim Brebes Cup dan Senkaido yang disebut-sebut bakal diikuti peserta dari berbagai negara. (irw)