Kiprah Karate Kids Akademik (2) Melatih Sedikit Keras, Dua Anak Asuknya ke Singapura

In Metropolis
REGI/RADAR DEPOK
BERTEKAD: Terlepas dari ‘ikatan’ suatu organisasi bidang seni bela diri. Yudi Fatturachman, pria kelahiran Tasik itu bertekad dan berpegang teguh pada sumpah karate ‘Meninggikan Prestasi’.

Proses menuju keberhasilan, nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Perjalanan  para atlet untuk menjadi juara Karate Kids, tak lepas dari tangan Yudi Fatturachman alias Uje.

LAPORAN: Regi Pranata Bangun

Dibalik prestasi Klub Karate Kids Akademik, yang berlokasi di RT3/1 Kelurahan Bojong Ponduk Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung itu. Tak lepas dari sosok Uje sebagai pelatih klub tersebut.

Pria berbadan kurus itu, membawa klub Karate Kids Akademik (KKA), ke berbagai kejuaraan seni bela diri (Karate) di tingkat nasional hingga internasional. Meskipun dalam perjalannya terjadi berbagai kendala dihadapinya, mulai dari segi ruang  hingga ekonomi.

Uje lahir di Kota Tasikmalaya, Jawa barat 17 Desember 1988. Terdengar dari aksen berbicara memang bukan berasal dari Depok. Dia sempat merasakan tumbuh dewasa di Kota Kediri. Kota Bandung pun pernah disambanginya. Saat disana Uje menjadi seorang atlet dan buruh disalah satu perusahan plastik.

Dia mengaku, kota tersebut pula yang membawanya hingga sampai di Depok saat ini. Surat perintah yang diberikan kepadanya, untuk melatih di Depok,. “Sekitar tahun 2012 saya sudah sini (Depok),” ujarnya.

Sepeninggalan dari Instansi Kemiliteran, semakin kuat pula Uje membawa nama Karate ‘Kumaha Aing’ pada waktu itu. Pasalnya, Uje pernah merasakan sesuatu yang ganjil dibeberapa tempat yang dia datangi. Disegi peraturan dan gaya kepemimpinan tempat Uje melatih membuat dia mendirikan klub karate, yang kini menjadi langganan juara itu. “Peraturan dibeberapa tempat organisasi, terkadang kita harus patuh pada pemimpin, bukan aturan. Karena itu saya berpikir harus meninggalkan ruang yang seperti itu,” tuturnya disela-sela latihan Karate Kids Akademik.

Baginya, peraturan harus selalu dipatuhi. Bukan sesosok pemimpin yang seharusannya dipatuhi. Jika seperti itu, akan menjadikan peraturan yang sudah dibuat menjadi cuma-cuma. “Kan sudah ada peraturan disetiap organisasi. Sumpah pertama karate itu meninggikan prestasi,” ungkapnya.

Hasil dari pasrah dan berusaha, melalui tangan Uje kini anak-anak yang tergabung di klub menjadi tak pernah absen naik podium kejuaraan disetiap keikutsertaan mereka. Saat ini mungkin adalah bonus dari tuhan, setelah melalui perjalanan yang cukup sulit di dunia seni beladiri. Hingga pertemuan Uje dengan anak-anak yang tergabung di KKA saat ini.

Prestasi anak didiknya merupakan hasil dari kerja keras anak-anak dalam latihan. Gaya melatih Uje memang sedikit keras, namun baginya hal tersebut memudahkan anak-anak menghadapi berbagai pertandingan hingga juara. “Kita selalu tanamkan, latihan keras akan mudah ketika berada di arena, Alhamdulillah anak-anak juga seneng,” beber Uje.

Saat ini, Uje bersama anak-anak Karate Kids Akademik sedang berfokus untuk kejuaraan yang diselenggarakan di Singapura pada akhir bulan ini. Dua orang anak asuhnya akan berangkat dikejuaraan tersebut. “Dua anak yang berangkat ke Singapore diakhir bulan ini, maunya sih semua,” kata Uje.

Bukan tanpa kendala, Uje berharap dapat membawa seluruh anak-anak berangkat dalam kejuaraan 38 Tahun Karate-Do Singapore Internasional Championship 2018 di Singapore. “Sumber ekonomi karate kids masih modal sendiri, buka dari pihak yang lain-lain. Kalo ada ‘bapak asuh’ mungkin lebih meringankan” pungkasnya.(bersambung)

You may also read!

berita acara bukopin

Pemerintah dan Regulator Menjaga Bukopin Dan Dana Nasabah

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A. Purwantono.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Bank Bukopin baru saja selesai melaksanakan

Read More...
acara muharram di pengasinan

Satpol PP Kota Depok Tidak Tahu Ada Dangdutan di Muharram Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...
acara muharram di pengasinan dibubarkan

Langgar Protokol Kesehatan, Polisi Bubarkan Acara Muharram di Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...

Mobile Sliding Menu