RICKY/RADAR DEPOK TES URINE: Mahasiswa UP tes narkoba di Kampus Universitas Pancasila, Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 

RICKY/RADAR DEPOK
TES URINE: Mahasiswa UP tes narkoba di Kampus Universitas Pancasila, Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sebagai komitmen Universitas Pancasila (UP) dalam menciptakan kampus yang bersih dari narkoba. Senin (3/9), UP bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan tes urine untuk mahasiswa baru Tahun Ajaran (TA) 2018/2019.

Laporan: Ricky Juliansyah

Pada perkuliahan pertama mahasiswa baru, UP langsung membuat gebrakan dalam mewujudkan komitmennya untuk menciptakan kampus yang bersih dari narkoba. Salah satu bentuk komitmennya adalah melalui test urine pada hampir 3000 mahasiswa baru.

Kegiatan kali ini sudah merupakan pelaksanaan tes urin yang ke-5, dimana kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari komitmen yang dinyatakan mahasiswa melalui tanda tangan pada lembar pernyataan, yang menyatakan bahwa mahasiswa akan menaati seluruh aturan kampus yang berlaku yang artinya juga menjauhi narkoba, tindak kekerasan, radikalisme dan hal-hal negatif lainnya.

Saat memimpin langsung kegiatan tersebut, Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni, Agus Purwanggana mengatakan, tes urine yang dilakukan dalam waktu satu hari ini telah berjalan dengan efektif dan tertib berkat dukungan dari para pimpinan fakultas.

“Tes urine sendiri dipilih sebagai metode yang paling efektif karena karena konsentrasi narkoba yang dihasilkan lebih banyak terdapat di urine. Selain itu kelebihan lainnya adalah alat uji lapangan mudah didapat (tersedia) dan waktu deteksi cepat,” kata Agus.

Tentunya ada beberapa hal yang harus diawasi secara ketat untuk mencegah peserta mencampur urine dengan bahan kimia lain atau menukar hasil sampel. Oleh karena itu, petugas fakultas terlebih dahulu memastikan bahwa tempat yang digunakan untuk pengambilan urine steril dari bahan kimia lain dan menempatkan petugas dengan jenis gender yang sama dengan peserta sehingga dapat melakukan pengawasan yang diperlukan. Tes ini pun dilakukan serentak di tujuh fakultas Universitas Pancasila.

“Seluruh civitas academica Universitas Pancasila tentunya mendukung kegiatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mewujudkan kampus yang bersih narkoba, menjadi tempat menuntut ilmu yang aman dan berkualitas berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” ucap Agus. (*)