Kuasai Bahasa Teknik Melalui Gambar Teknik

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
MENGAJAR: Puluhan pelajar SMK Negeri 2 Depok mengikuti pelatihan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi menggambar menggunakan bantuan software solidwork (version 2015) oleh Dosen Prodi Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

DEPOK – Gambar merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyatakan maksud dari pikiran seseorang atau penjelasan secara visual. Dalam industri teknik, bahasa yang disampaikan melalui gambar teknik diibaratkan sebagai alat komunikasi. Hal ini berkaitan dengan sebuah desain digambar agar dapat menyampaikan informasi terkait dengan proses produksi sebuah benda.

Hal ini  sudah tentu membuat pemahaman akan gambar teknik harus dikuasai oleh seseorang yang bergerak maupun belajar dibidang teknik, salah satunya Industri Manufaktur. Gambar teknik diperlukan pada pembuatan konstruksi mesin, perbaikan konstruksi mesin dan pembuatan konstruksi sederhana. Sehingga agar menjadi seorang yang kompeten dibidang teknik, selain keterampilan mendesain gambar, diperlukan pula keterampilan membaca gambar teknik.

Berangkat dari hal tersebut, muncul gagasan dari Drs. Mochammad Sholeh, ST., MT., selaku Kepala Prodi (Kaprodi) Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), untuk memberikan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi menggambar menggunakan bantuan software solidwork (version 2015) bagi siswa SMK di Depok.

Siswa SMK dianggap merupakan sasaran yang paling tepat menerima pelatihan ini, karena mereka dituntut agar memiliki keterampilan yang nantinya siap digunakan dalam dunia kerja. Kegiatan yang masuk dalam program Pengabdian Masyarakat PNJ ini menyasar 40 peserta dari SMK Negeri 2 Depok.

“Mereka (siswa) harus dikenalkan dari sekarang untuk membaca dan menggambar menggunakan software agar kompetensi menggambar meningkat,” kata Mochammad Soleh kepada Radar Depok.

Antusiasme para pelajar SMK pun tak kalah ramai, terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftarkan diri dalam pelatihan tersebut. Sayangnya, sarana yang ada seperti ruangan dan jumlah media (PC) yang disediakan terbatas.

“Harapan kami selaku tim Pengabdian Masyarakat tak lain adalah para siswa SMK ini lebih percaya diri lagi menghadapi tantangan didunia kerja nantinya,” ujar Soleh.

Pada program pengabdian masyarakat kali ini, siswa diajarkan langsung oleh para ahli di bidang Teknik, yaitu dosen-dosen Prodi Sarjana Terapan Manufaktur. Antara lain, Agus Edy Pramono, ST., M.Si., Dr. R. Sugeng Mulyono, M.Kom., Muslimin, ST., MT., Dr. Eng., dan Candra Damis, MT.

“Selain itu, hadir pula beberapa mahasiswa dari Prodi Mesin dan Prodi Sarjana Terapan Manufaktur yang ikut mendampingi dan membimbing para peserta pelatihan,” terang Dosen Bahasa Teknik Mesin PNJ, Ratna Khoirunnisa.

Salah satu peserta mengaku cukup senang mengikuti pelatihan ini, bahkan ia merasa bahwa pelatihan ini terlalu singkat sehingga materi yang diberikan belum sepenuhnya dikuasai. Meningkatnya penggunaan teknologi dalam bidang industri membuat kebutuhan akan personil yang terlatih dan terampil dalam bidang teknologi.

“Para siswa SMK pun kini sadar betul akan hal itu, sehingga ilmu-ilmu yang applicable di dunia kerja lebih diminati oleh mereka,” tutup Ratna. (san)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu