Kwarran Cilodong Gelar Gladian Pinrung, Bentuk Karakter dan Keterampilan Anggota

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PEMIMPIN MASA DEPAN: Para anggota pramuka siaga mengikuti kegiatan Gladian Pemimpin Barung yang diadakan oleh Kwarran Kecamatan Cilodong, di Kebun Edukasi Alam Cilodong, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Pramuka identik dengan kegiatan yang mengandung unsur pembentukan karakter dan juga keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Menyadari manfaat itu, Kwarran Kecamatan Cilodong mengadakan Gladian Pemimpin Barung (Pinrung) untuk tingkat siaga.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Ketua Kwarran Kecamatan Cilodong, Sumantri mengatakan, kegiatan yang diadakan selama satu hari tersebut diikuti 100 pemimpin barung putra dan putri dari 25 pangkalan SD. Tiap pangkalan mengirimkan masing-masing dua regu putra dan putri.

“Nantinya diharapkan siswa yang ikut dalam kegiatan ini dapat menyebarkan ilmu pengetahuan yang didapatnya kepada siswa lain di sekolah,” katanya kepada Radar Depok.

Sumantri menjelaskan, ada beberapa materi yang diberikan. Di antaranya, tata upacara siaga, mengenakan seragam yang baik dan benar, cara memimpin regu, baris-berbaris, permainan, keagamaan, sampai ketangkasan.

“Banyak ilmu yang didapatkan, semua itu bisa menjadi modal mereka dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya saat ditemui di lokasi acara, Kebun Edukasi Alam Cilodong, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

Anggota pramuka siaga yang mengikuti kegiatan ini merupakan para calon ketua yang akan menjadi pemimpin di masing-masing barungnya. Siswa dilatih untuk mengasah kepemimpinannya sekaligus mencetak siswa untuk menjadi generasi yang terampil menghadapi beberapa tantangan.

“Implementasinya lewat latihan kemampuan, penanaman sikap disiplin dan membentuk mental yang tidak mudah menyerah,” tutup Sumantri. (*)

You may also read!

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...
banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...

Mobile Sliding Menu