INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK PROMOSI : Nining sedang memamerkan salah satu produk unggulan UKMnya.
yamaha-nmax
INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
PROMOSI : Nining sedang memamerkan salah satu produk unggulan UKMnya.

Menjadi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bidang kuliner memang susah–susah gampang. Banyak pelaku UKM yang gulung tikar karena prodak kulinernya kurang diterima masyarakat. Tetapi tak sedikit pula pelaku UKM yang berkembang pesat. Bahkan, bisa Go Internasional, seperti produk UKM kuliner, Nining Wirdaningsih.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Ditemui di rumahnya di kawasan  Kemang Swatama, Blok C nomor 6,  Kalibaru, Kecamatan Cilodong. Nining menceritakan, memulai bisnis kulinernya dengan membuka usaha katering rumahan, yang dipasarkan ke orang–orang terdekatnya.

“Saya awalnya membuka katering Rantangan dipasarkan ke rumah, yang saya dirikan pada tahun 2012 lalu,” ungkapnya.

Katering rantanganya tersebut cukup diterima masyarakat. Tak puas hanya menjual di lingkungan sendiri, dia mencoba memasarkan kateringnya melalui media internet untuk memperluas jaringan pelangganya. “Saya jual juga lewat daring. Saya membuat website sendiri dengan domain ngerantang.com, dan juga mempromosikan di Facebook dan Instagram, dan Tokopedia,” tuturnya.

Baca Juga  Jalan Margonda Ditertibkan, Satu Mobil Anggota Polrestro Depok Digembok

Masih ingin mentenarkan usahanya, dia bahkan meminta bantuan beberapa artis untuk mempromosikan kateringnya dan juga koki terkenal. “Alhamdulilah, promosinya cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan,” sambungnya.

Dia lebih senang menjual dan mempromosikan prodaknya melalui daring, karena tidak terbatas pasarnya dan bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja. “Saya juga menawarkan jasa pengiriman ke luar kota,” katanya lagi.

Tujuan awal dia membuka usaha kuliner adalah untuk mempersiapkan diri jika kelak suaminya pensiun dari pekerjaanya. “Suami saya pensiun masih 15 tahun lagi, tapi saya harus mulai mengembangkan bisnis untuk membantu menopang ekonomi keluarga kami nantinya,” ujarnya. (bersambung)